Berkali-Kali Ditolak, Fotografer Ini Menuliskannya Menjadi Buku

Pernahkah anda mengalami penolakan dalam hidup anda? Dalam bidang apapun juga, entah itu pekerjaan, karir, keluarga ataupun hmm.. Hubungan cinta? Oke kita takkan memulai sesi curhat, tapi sekedar pertanyaan saja, seberapa banyakkah penolakan yang anda terima? Jika seandainya itu disalin dalam bentuk tulisan, apakah itu cukup untuk menjadi sebuah buku ? Jika ya dan anda cukup punya nyali untuk itu, silakan lihat bagaimana seorang fotografer menuliskan setiap surat penolakan yang dia terima ke dalam sebuah buku berjudul “Dear Artist, We Regret To Tell You”.
Dana Stirling adalah seorang fotografer fine art berbasis di New York USA. Sepanjang perjalanan karirnya, Dana telah menerima begitu banyak penolakan yang berhubungan dengan karir fotografinya, hebatnya adalah dia tidak terpuruk dalam setiap penolakan yang diterimanya, atau mungkin menyerah dan berhenti dari karirnya sebagai fotografer, malah setiap surat atau e-mail penolakan yang diterimanya, dituliskannya kembali menjadi sebuah buku! Dalam sebuah wawancaranya dengan Feaureshoot, Dana mengungkapkan asal muasal buku ini, serta apa tujuannya sehingga menuliskan rangkaian penolakan tersebut menjadi buku.
Ketika ditanyakan kepadanya apa alasan dia membuat buku ini, Dana mengungkapkan bahwa dia ingin semua orang yang membacanya tidak larut dalam penolakan yang ada, melainkan bisa melihat bahwa ternyata ada hal penting dibalik penolakan tersebut, sambil mengutarakan harapannya agar supaya buku tersebut setidaknya membuat orang tersenyum melihat ada nuansa humor dibalik serangkaian surat-surat penolakan yang ada. Juga agar kita menyadari bahwa penolakan dan penerimaan adalah dua hal sejalan yang selalu akan kita terima, seiring dengan berjalannya waktu. Jika kita tak pernah ditolak, kita tak akan memiliki alasan untuk berusaha lebih keras dan lebih keras lagi. Seorang seniman sudah seharusnya melihat seni dari penolakan dan kesuksesan, serta menghargainya dengan cara yang sama.
opened
Jadi jika anda baru satu atau dua kali saja ditolak, mungkin ini saatnya bagi anda untuk berusaha lebih keras lagi, mencoba lagi dan lagi. Tentu saja karena jika kita menyerah itu barulah arti kegagalan sesungguhnya. Selama anda tak menyerah, senantiasa masih ada harapan bukan untuk apapun yang anda harapkan !
PS. Dana Stirling adalah fotografer fine art yang bertempat tinggal di New York, dia merupakan salah satu finalis Google Photography Prize tahun 2012, penerima hibah dari Gross Foundation untuk karya-karya fotografinya, serta beasiswa Weizmann Institute untuk mahasiswa berprestasi luar biasa. Untuk bukunya sendiri merupakan buatan tangan langsung, silakan hubungi Dana jika anda tertarik dengan bukunya.
(Sumber : Petapixel, Kredit foto : Dana Stirling)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *