Bokeh Gelembung Sabun Dari Lensa Trioplan F/2.8

Jerman selama ini terkenal sebagai negara asal perusahaan pembuat optik lensa terkenal di dunia. Sebut saja Leica dan Zeiss dua merk terkenal di dunia optik, bahkan bisa dikatakan bahwa Jerman merupakan negara jaminan mutu untuk kualitas optik lensa yang dibuat di sana. Kini salah satu merk terkenal di dunia optik lensa sejak tahun 1896 kembali hadir mewarnai riuhnya persaingan pembuat lensa berkualitas di dunia, adalah Meyer Optic Goerlitz yang merupakan salah satu nama besar di Jerman dalam hal -pembuatan lensa yang terkenal ketajamannya hadir dengan produk-produk lensa berkualitas. Setelah sempat menghilang pada tahun 1991, merk ini kembali dihidupkan oleh Globell Deutschland pada tahun lalu. Hingga sekarang telah ada beberapa produk mereka yang hadir di pasaran tentunya dengan jaminan kualitas Made in Germany.

Trioplan lens

Lensa Trioplan 100mm f/2.8

Kini tahun 2015 salah satu proyek yang digagas oleh Meyer Optic Goerlitz adalah menghadirkan kembali lensa Trioplan 100mm f/2.8. Sebuah lensa fenomenal yang dikenal juga sebagai ‘soap bubble bokel lens’, sebutan lensa ini disebabkan desain lensa yang begitu unik sehingga mampu menghadirkan bokeh cantik serupa gelembung sabun di foto yang dihasilkannya. Lensa ini sejatinya dirancang oleh Hugo Meyer pada tahun 1916 dan tersusun dari tiga elemen dalam tiga grup  berdasarkan desain The Chooke Triplet tahun1893. Pada masanya lensa ini terkenal sebagai salah satu lensa yang terjangkau namun mampu menghasilkan ketajaman di bagian tengah foto serta bukaan lebar hingga f/2.8. Fitur istimewa dari lensa ini adalah karakteristik optiknya yang mampu menghasilkan bokeh unik saat memotret di bukaan lebar.

sampel

Contoh foto dengan lensa Trioplan 100mm f/2.8

sampel (2)

Contoh foto dengan lensa Trioplan 100mm f/2.8

Kini Meyer Optic memulai proyeknya di Kickstarter untuk menggalang dana agar supaya lensa ini dapat segera dihadirkan kembali. Trioplan 100mm f/2.8 versi modern ini tetap akan didesain dengan tiga elemen yang dipisahkan ruang udara tetapi tetap dengan casing aluminium modern yang berkualitas tinggi. Kaca optik lensa berkualitas tinggi akan diproduksi oleh Schott, tingkat kontras serta ketajaman yang tinggi bisa didapatkan dengan lensa ini, desain optiknya juga memungkinkan ditekannya efek vignetting pada foto.  Adapun lensa Trioplan baru ini tetap menawarkan fokal lensa di 100mm dengan bukaan f/2.8, lensa ini akan tersedia untuk kamera Nikon, Canon, Fuji X, M-42, Sony E serta Micro Four Thirds. Anda bisa menggunakannya di kamera dengan sensor APSC ataupun Full-frame, jika tertarik silakan kunjungi halaman Kickstarter dari proyek lensa ini, dengan penawaran US$ 599 anda bisa mendapatkan lensa dengan bokeh gelembung sabun ini (sayangnya penawaran terendah US$ 599 slotnya sudah terpenuhi semua), hingga artikel ini dirilis tersisa slot dengan penawaran US$ 999 untuk bisa membawa pulang lensa unik ini. Jika mungkin belum bisa ikut berpartisipasi, tentu kita hanya bisa berharap semoga saja lensa ini nantinya bisa diproduksi massal serta dipasarkan dengan harga terjangkau ke seluruh dunia.

(Sumber : Petapixel)

Baca juga : Membuat Efek Bokeh Dengan Smartphone

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *