Buat Foto Produk Sendiri Dengan Aplikasi Product Camera, Ancaman Bagi Fotografer?

Product Camera Aplikasi

 

Foto produk adalah hal utama di era jual beli online. Baru-baru ini perusahaan  pembuat aplikasi kamera populer di Android, Camera51 meluncurkan inovasi mereka di bidang fotografi. Sebuah aplikasi kamera smartphone yang mampu membuat foto produk dengan background putih polos! Akankah ini menjadi ancaman bagi fotografer yang memotret produk?

Selama ini, jika orang ingin memajang foto produk mereka, umumnya akan memakai jasa fotografer dalam memotret produk yang akan ditampilkan. Tapi itu bagi mereka yang memiliki budget lebih dan tentunya memakan waktu serta tenaga.

Bagi yang tak ingin repot, akan lebih memilih memotret sendiri menggunakan kamera ataupun smartphone. Hal ini juga memiliki kekurangan, jika tak punya skill, bisa jadi hasil foto yang ada kurang menarik dan berdampak ke tampilan produk itu sendiri.

Melihat kesempatan itu, Product Camera, sebuah aplikasi kamera smartphone hadir. Seperti dilansir dari Petapixel, aplikasi ini akan membuat foto yang dipotret menggunakan kamera smartphone, diolah sedemikian rupa sehingga memiliki background putih layaknya foto produk profesional!

aplikasi product camera
aplikasi product camera

Dalam video promonya, disebutkan bahwa pengguna tinggal memotret produk yang diinginkan dengan latar belakang polos, kemudian aplikasi ini akan mengerjakan sisanya.

Berikut adalah video demonya yang bisa disaksikan di Youtube.

Kehadiran aplikasi semacam ini, memang pada dasarnya akan sangat memudahkan bagi setiap orang yang memiliki usaha jual beli online, tak perlu lagi ada kerepotan dengan jasa sewa fotografer ataupun memotret dengan berbagai lighting yang membingungkan.

Di sisi lain, tentunya ini cukup menjadi ancaman tersendiri bagi fotografer yang spesialisasinya memotret produk, dimana ‘pangsa pasarnya’ mulai terancam dengan kehadiran aplikasi ini.

Namun menurut kami pribadi, satu hal yang perlu dicermati tentunya adalah  masalah kualitas, bagaimanapun juga kemampuan sensor smartphone (meski semakin meningkat belakangan ini) tetap saja masih di bawah kemampuan sensor kamera APSC atau full frame.

Baca juga : Kamera Megapixel Besar Baguskah?

Bagi yang ingin serius dalam masalah foto produknya, serta berkeinginan untuk menyajikan tampilan maksimal atau untuk keperluan promosi, iklan dan cetak besar, tentu menghire fotografer spesialis produk tetap adalah keharusan.

Namun jika yang berbisnis online dengan budget minimal, tentu kehadiran aplikasi semacam Product Camera merupakan angin segar bagi bisnisnya.

Jadi bagaimana menurut Anda?

Berikut adalah cara kerja aplikasi ini dalam video

Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mendownloadnya di Playstore, khusus bagi pengguna iOS harus bersabar hingga awal 2016 untuk bisa mencicipinya.

(Via Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *