Canon 1D X Mark II Diperkenalkan, Kamera Pro Seri Tertinggi Canon Yang Mampu Rekam Video 4K

Tak mau kalah dengan pesaingnya Nikon yang belum lama ini meluncurkan Nikon D5, pabrikan kamera asal Jepang Canon, turut meluncurkan kamera seri flagship mereka, Canon 1D X Mark II!

Kamera Canon 1D x Mark II

Seri flagship adalah seri tertinggi dalam peringkat produk yang dikeluarkan satu pabrikan. Untuk dunia fotografi, seri kamera flagship merupakan seri kamera digital andalan para fotografer profesional, dimana umumnya membutuhkan bodi kamera yang tangguh serta mampu menghasilkan foto dengan kualitas super.

Demikian pun untuk seri Canon 1D X yang kini telah mencapai Mark II. Bodi kamera ini dirancang spesial untuk Anda para fotografer profesional.

Pihak Canon sendiri menyebut kamera ini sebagai “remarkable combination of innovation and refinement”, sebuah kombinasi  luarbiasa antara inovasi dan perubahan.

Memangnya apa saja yang ditawarkan kamera ini? Berikut ini adalah berbagai kelebihan serta spesifikasi dari Canon 1D X Mark II yang kami kutip dari situs Petapixel.

Sensor Kamera Dan ISO

Canon 1D X Mark II sendiri dipersenjatai dengan sensor gambar full frame tipe CMOS, dengan resolusi hingga 20,2 megapiksel. Sensor ini memungkinkan Anda memotret di angka ISO 100-51.200 (bisa diperluas hingga ISO 409.600), serta sudah dioptimalkan sehingga hasil gambar di ISO tinggi tetap bisa ditekan noisenya.

1D x Mark II tampak atas

Untuk prosessor sendiri, 1D X Mark II sudah dilengkapi dengan dual Digic6+ di dalam bodinya, kombinasi ini membuat Anda mampu memotret hingga 16 frame per second pada mode Live View, atau 14fps pada mode continuous biasa. Para pecinta sport dan wild life tentu akan menyukai fitur ini.

Berikut adalah video yang menampilkan Canon 1D X Mark II saat mengambil foto di kecepatan 16fps

Khusus untuk modul autofokus, Canon melengkapi seri 1Dx terbaru ini dengan sistem fokus 61-point High Density Reticular AF II dimana 41 titik fokusnya bertipe silang dan titik tengahnya mampu fokus dalam kondisi cahaya -3EV di F/8.

Rekam Video 4K Dan Fitur Optimasi Lensa

Tren video 4K yang semakin menjamur tampaknya juga diikuti Canon lewat peluncuran kamera EOS 1D X Mark II ini.

Kamera seri tertinggi Canon ini sudah dilengkapi kemampuan rekam video 4K di frame rate 60fps, versi sebelumnya dari 1Dx hanya memungkinkan untuk rekam video full HD saja di 1080p. Jika Anda ingin merekam video full HD, kini opsi frame ratenya tersedia hingga 120fps untuk efek slow motion yang lebih baik.

Dalam merekam video, pengguna akan terbantu dengan kehadiran LCD 3,2″ yang sudah dilengkapi dengan touch screen, layar LCD ini memungkinkan Anda untuk melakukan touch to focus,  pengguna tinggal menyentuh layar jika ingin memilih area mana yang ingin difokuskan dalam video.

1D x Mark II tampak belakang

Tersedia juga fitur untuk mengambil image foto beresolusi 8,8 megapiksel dari video yang direkam, baik itu 4K ataupun full HD dengan kecepatan tinggi 120fps.

Satu yang baru dari kamera Canon EOS 1D X Mark II ini adalah fitur lens optimation. Teknologi Digital Lens Optimizer Canon ini bekerja dengan cara menyimpan informasi tentang kelemahan optik lensa, langsung di dalam bodi kamera. Ketika lensa tersebut kemudian dipakai di kamera, maka secara otomatis kamera akan mendeteksinya lalu memperbaiki kelemahan tersebut secara digital!

Hal ini tentu merupakan suatu hal yang menarik bagi pengguna kamera Canon, dimana setiap kekurangan lensa semacam chromatic aberration bahkan distorsi bisa langsung diperbaiki di bodi kamera.

Spesifikasi Canon EOS 1D X Mark II

Berikut adalah spesifikasi umum kamera flagship Canon EOS 1 Dx Mark II:

Ukuran Sensor : Full Frame | Resolusi kamera: 20,2 megapiksel | Prosesor : Dual Digic6+ | Ukuran Layar 3,2-inch, 1,62 juta titik touchscreen | Viewfinder: 100% coverage 0,72x magnification | Kemampuan foto berturut-turut: 14fps hingga 170 foto format RAW, 16fps di mode Live View | Video: 4K di 60fps, fullHD hingga 120fps | Kemampuan ISO: 100-51.200 (Bisa diexpand hingga 50-409.600) Autofokus : 61 titik fokus (41 diantaranya cross type) | Konektivitas: 1/8″ Headphone, 1/8″ Microphone, AV Output, HDMI C (Mini), USB 3.0

Kamera Canon EOS 1D X Mark II dijadwalkan akan tersedia di pasaran pada bulan April 2016 dengan harga US$ 5,999 atau jika dirupiahkan dengan kurs saat ini sekitar Rp. 82 juta, hmm. Belum diketahui pasti kapan kehadiran kamera ini di pasar Indonesia serta harga resminya di sini. Jadi, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Sumber: Petapixel

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *