Instagram Sekarang Bisa Posting Foto Landscape Dan Portrait !

Instagram tampaknya semakin menyadari kebutuhan penggunanya dalam hal format foto, setelah bertahan bertahun-tahun dengan format persegi, kini Instagram telah membolehkan penggunanya untuk memposting foto atau video dengan format landscape atau portrait. Jika dulu anda yang ingin memposting foto landscape harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, agar bisa diupload formatnya harus dijadikan square terlebih dahulu dengan cara menambah bagian foto, sekarang hal itu tak diperlukan lagi.

Instagram Sekarang Bisa Posting Foto Landscape Dan Portrait !

Pembaruan dari Instagram ini diumumkan mereka di postingan blog resminya kemarin (27/8/2015), dalam postingannya disebutkan bahwa pihak Instagram menyadari akan kekurangan dari format persegi selama ini. Mereka juga mengutarakan bahwa hampir 20% atau 1/5 dari keseluruhan foto yang diunggah di Instagram bukanlah foto dengan format persegi, oleh karena itu kini mereka membawa pembaruan baru di aplikasi berbagi foto populer tersebut.

Pengguna yang ingin mengupload foto dengan format landscape atau portrait kini bisa memilih format yang mereka inginkan dengan melakukan tap pada tombol format yang ada, dengan begitu format foto tersebut dengan segera akan berubah sesuai yang anda mau. Saat sudah dipublish, maka semua orang yang melihat foto tersebut akan menyaksikannya tampil dalam format yang diinginkan pengguna entah itu landscape atau portrait.

Instagram Sekarang Bisa Posting Foto Landscape Dan Portrait !

Guna menyesuaikan dengan format tampilan baru ini, Instagram juga telah memperbaharui jajaran filter foto dan video yang dimilikinya. Dengan begitu anda tetap bisa mempergunakan filter-filter kesayangan anda divideo atau foto landscape dan portrait yang anda upload.

Instagram Sekarang Bisa Posting Foto Landscape Dan Portrait !

Khusus untuk tampilan laman profile pengguna, foto yang tampil dalam grid view tetap dalam format square atau persegi dengan crop pada bagian tengah, pihak Instagram mengungkapkan bahwa hal tersebut untuk menjaga keindahan tampilan dari profil penggunanya. Pembaharuan baru dari Instagram ini akan mulai tersedia seiring rilis baru Instagram versi 7.5. Anda bisa mendapatkan fitur dan kemampuan format foto landscape atau portrait ini dengan menngunduhnya baik itu di Google Play ataupun Apple App Store.

(Sumber : Instagram, Petapixel.com)

Baca Juga...

6 Responses

  1. azazil says:

    kok di aplikasi instagram saya ga ada pilihan untuk ganti format foto ya? jadi tetep harus dicrop. padahal sudah diupdate instagramnya dan sudah coba di instal ulang.
    fyi, saya menggunakan OS android.

    • Sheva says:

      Saya juga pake Android, mungkin waktu mau upload foto langsung dari galeri ya? Kalau dari galeri terus share ke Instagram maka pilihan yang muncul memang harus dicrop, kalau mau menggunakan fitur landscapenya, kita harus buka aplikasi Instagramnya dulu, terus tekan tombol buat memotret, dari situ baru kita masuk ke galeri dan memilih foto yang ingin diupload, nanti akan muncul tombol pilihan format kayak artikel di atas, setelah itu bisa dilanjutkan seperti biasa. Semoga bisa membantu.

  2. Lindaleenk says:

    Belum nyobain fitur baru ini
    Masih suka tampilan 1:1 nya.

  3. Deean says:

    udah nyobain, tapi kok tetep kepotong ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *