Lihat Data EXIF Foto-Foto Pemenang National Geographic Traveler Photo Contest 2015

National Geographic Travel Photo Contest adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh National Geographic Traveler. Dalam ajang ini, pihak NatGeo akan menampilkan karya-karya terbaik yang dipotret dari seluruh penjuru dunia. Sebagai sebuah kompetisi foto tingkat dunia, ada ribuan foto yang dikirimkan setiap tahunnya. Dilansir dari Fstoppers ada sekitar 18 ribu foto yang bertarung untuk memenangkan hadiah utama serta penghargaan bergengsi bagi setiap fotografer di dunia.

Untuk setiap foto yang dipertandingkan terbagi dalam empat kategori berbeda yaitu Travel Portraits, Outdoor Scenes, Sense of Place, dan Spontaneous Moments. Namun dari semua kategori itu hanya ada 10 pemenang saja yang dipilih oleh editor National Geographic untuk mendapatkan hadiah, pemenangnya pun tidak terbagi per kategori melainkan sekaligus. Jadi jika pemenang pertama bisa saja berbeda kategori dengan pemenang kedua.

Berikut ini adalah karya foto yang berhasil meraih juara pertama, kedua dan ketiga.

1. Whale Whisperers

humpback-whale-national-geographic-pemenang 1

Pemenang pertama dari National Geographic Traveler Photo Contest adalah sebuah foto karya Anuar Patjane yang menggambarkan kehidupan paus di sekitar lepas pantai kepulauan Revillagigedo, Meksiko. Sebuah foto dengan nuansa hitam putih yang memang tampak cantik serta dramatis. Uniknya dia mengambil fotonya ‘hanya’ menggunakan kamera kompak Sony DSC RX100. Berikut adalah setingan data EXIF lengkapnya seperti dikutip dari laman National Geograpchic.

Camera: SONY DSC-RX100
Focal Length: 10.4 mm
Shutter Speed: 1/1000 sec
Aperture: f/1.8
ISO: 200
Copyright: © Anuar Patjane

work-men-bangladesh-national-geographic-traveler pemenang 22. Gravel Workmen

Pemenang kedua dari National Geographic Traveler Contest 2015 ini adalah karya dari Faizal Azim yang memotret para lelaki yang berprofesi sebagai pemecah batu kerikil di Chitaggong, Bangladesh. Warna-warna yang tampak terasa sangat realistis dilihat, ditambah dengan tekstur pasir yang jelas terlihat di kaca semakin menambah nuansa dramatis foto ini. Faizal menggunakan kamera DSLR Nikon D800 untuk memotret foto ini, berikut adalah setingan data EXIF yang bisa kita pelajari dari Faizal.

Camera: NIKON CORPORATION NIKON D800
Focal Length: 24 mm
Shutter Speed: 1/640 sec
Aperture: f/5
ISO: 500
Copyright: © faisal azim

3. Camel Ardah

pemenang ketiga National Geographic Traveler Contest 2015

Yang menjadi pemenang ketiga adalah foto pacuan unta karya Ahmed Al Toqi, foto ini menggambarkan bagaimana serunya pacuan unta ‘Camel Ardah’ sebuah event tradisional di Badiyah, Oman. Berbeda dengan lomba pacuan lainnya, di sini unta yang tercepat malah yang akan kalah, hal itu tentunya karena penunggang unta harus melaju dengan kecepatan yang sama di jalur yang sama. Yang dinilai dari pacuan ini adalah keserasian dan kekompakan dari penunggang unta,  juga keindahan dan kekuatan unta Arab yang dilombakan. Ahmed menggunakan kamera DSLR EOS 5D Mark II untuk mengambil foto ini. Mari kita lihat setingan data EXIF yang dipakainya.

Camera: Canon EOS 5D Mark II
Focal Length: 17 mm
Shutter Speed: 1/1000 sec
Aperture: f/9
ISO: 200
Copyright: © Ahmed Al Toqi

Ketiga pemenang diatas terpilih melalui ribuan foto yang dikirimkan oleh ribuan fotografer di seluruh dunia. Tentu saja hadiah yang didapatkan tidak main-main, pemenang pertama memenangkan hadiah perjalanan selama 8 hari  sudah termasuk tiket pesawat di Ekspedisi Foto Kosta Rika dan Terusan Panama. Pemenang kedua juga mendapatkan gratis perjalanan ekspedisi foto ke Taman Nasional Yellowstone di Amerika, sementara itu pemenang ketiga akan mendapatkan 6 hari berlayar dengan kapal pesiar di sepanjang pantai Maine, sebuah pantai yang cantik di salah satu negara bagian Amerika. Selain itu setiap pemenang juga diberi hadiah berupa gratis berlangganan majalah Traveler Magazine dari National Geographic ! Jadi apakah anda berniat untuk mengikuti kontes ini di tahun depan ?

(Sumber : National Geographic, Fstoppers)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *