Lihat Proses Pembuatan Foto Ikonik Karya Eric Johansson Ini

Eric Johansson adalah seorang  fotografer dan retoucher berbasis di Swedia. Foto-foto yang dihasilkan oleh Eric benar-benar mencengangkan, sebuah karya dan manipulasi photoshop yang benar-benar ahli di bidangnya. Beberapa karyanya bahkan sempat diulas oleh media-media terkenal di dunia. Salah satu karya Eric yang terkenal adalah foto di atas, bagaimana dia menggambarkan dua orang yang sementara membawa piringan hitam untuk kemudian dimainkan di perangkat pemutarnya.

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana caranya Eric menghasilkan foto-foto seperti itu, untungnya dia bukanlah seorang yang pelit, Eric secara rutin tampaknya telah mengunggah video-video behind the scene bagaimana caranya dia menciptakan karya-karya tersebut. Durasi videonya sendiri beragam dan tergantung dari tingkat kesulitan foto yang dia buat. Untuk foto di atas durasi video yang diunggah hanya sekitar 20 detik, namun anda bisa juga melihat rincian pembuatan fotonya dari video-video lainnya yang berdurasi hingga beberapa menit di bawah ini.

 

cutandfold

Cut and Fold. Karya : Eric Johansson 

 

 

Untuk karya foto di atas, Eric menghabiskan waktu hingga 15 jam hanya untuk proses editing di Photoshop ! Proses pembuatannya sendiri cukup rumit dimulai dari searching lokasi yang cocok dengan ide foto, pemotretan lokasi tersebut, kemudian cetakan dari kertas hijau dipotret untuk diedit di Photoshop. Sisa pengerjaannya semua dilakukan di software olah foto itu.

driftinaway

Drifting Away. Karya : Eric Johansson

 

Dalam foto kali ini bisa kita lihat dedikasi dari fotografer ini, rela terjun ke dalam danau untuk memotret botol terapung dan menunggu hingga posisi matahari sesuai dengan yang ia inginkan, memotret rumah dan desa yang akan diedit nantinya, memotret kaca yang disemprot air menggunakan sprayer, setelah itu Eric mengedit semuanya di Phoshop, uniknya anda bisa melihat betapa banyaknya jumlah layer yang dia gunakan untuk menyatukan semua foto dan menghasilkan karya luar biasa itu.

Satu hal yang bisa kita pelajari dari Eric adalah proses yang harus dia jalani sampai menghasilkan foto yang keren tadi, sekalipun mungkin itu ‘hanyalah’ editan Photoshop tapi jangan menganggap remeh karena proses behind the scenenya cukuplah rumit, bahkan pengerjaannya saja mencapai belasan jam. Jika anda punya keahlian Photoshop mungkin saja anda bisa semakin mendalaminya dan menghasilkan karya-karya serupa atau bahkan lebih keren dari milik Eric Johansson. Anda juga bisa melihat karya-karya Eric Johansson lain di website resminya.

All images and videos © Eric Johansson

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *