Selamatkan Kebebasan Foto Panorama Lewat Petisi Online

Freedom of Panorama adalah sebuah aturan yang berlaku di Eropa dimana setiap orang bebas untuk memotret bangunan dan objek milik publik, untuk kemudian dipublikasikan tanpa harus meminta izin dari yang empunya atau pemerintah yang ada. Seperti yang kami beritakan lalu, aturan kebebasan memotret panorama saat ini terancam dengan adanya amandemen aturan dan undang-undang parlemen di Eropa, seandainya amandemen ini disetujui maka siap-siap saja anda takkan diperbolehkan memotret bangunan-bangunan publik jika berkunjung ke Eropa.

Baru-baru ini pendiri Wikipedia Jimmy Wales menulis sebuah opini di situs berita The Guardian, dalam tulisannya dia memperingatkan masyarakat akan dampak yang harus ditanggung ketika aturan ‘Freedom of Panorama’ dicabut oleh parlemen Eropa. Salah satu pembatasan yang begitu nyata saat ini adalah mengenai foto menara Eiffel. Menara ikonik kota Paris ini bebas difoto di siang hari, namun jangan berani anda memotretnya di malam hari karena desain dan tata cahaya yang ditampilkan di menara tersebut katanya dilindungi oleh hak cipta. Wales juga mengutarakan dampak mengerikan lainnya dari hal ini di situs Wikipedia, selama ini Wikipedia selalu menampilkan foto dengan domain publik atau bebas dari lisensi. Seandainya amandemen disetujui, maka akan ada ratusan ribu foto di Wikipedia yang terpaksa harus dihapus karena adanya pembatasan hak cipta tadi.

Perkembangan terbaru dari masalah ini yaitu adanya petisi online yang diluncurkan di Change.org, dalam petisi tersebut diserukan agar supaya Parlemen Eropa tidak hanya menolak disetujuinya amandemen mengenai kebebasan foto panorama ini, tapi juga untuk memperluasnya ke semua negara anggota Uni Eropa. Sejak dimulai 2 minggu lalu, petisi online ini telah ditandatangani sekitar 318 ribu orang dari seluruh dunia, jika anda ingin tetap bebas memotret bangunan publik di Eropa, silakan turut ambil bagian di dalamnya.

(Sumber : Petapixel.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *