Setelah Melayangkan Surat Terbuka Untuk Apple, Taylor Swift Dikritik Fotografer

Setelah sukses memprotes kebijakan Apple yang tidak mau membayar royalti kepada artis, untuk layanan streaming mereka,Taylor Swift mendapat balasan surat terbuka untuk dirinya. Kali ini yang menulis adalah seorang fotografer musik profesional di Inggris, Jason Sheldon.
Setelah Melayangkan Surat Terbuka Untuk Apple, Taylor Swift Dikritik Fotografer
Jason menuliskan dalam suratnya, bagaimana sebagai fotografer dia menyayangkan kebijakan manajemen Taylor dalam soal lisensi foto. Menurut Sheldon sebelum seorang fotografer diizinkan memotret konser Taylor, mereka dipaksa untuk menandatangani sebuah kontrak yang menyatakan bahwa foto hasil pemotretan tersebut, hanya berhak dipublikasikan satu kali saja oleh fotografer yang bersangkutan, dan setelah itu setiap foto akan menjadi hak milik dari Taylor Swift!
Jason bahkan mengunggah sebuah foto salinan kontrak yang dikeluarkan oleh manajemen Taylor, Firefly Entertainment.
Setelah Melayangkan Surat Terbuka Untuk Apple, Taylor Swift Dikritik Fotografer
Sheldon menyebutkan bahwa dia mendukung Taylor dalam menghadapi Apple, namun dia mempertanyakan jika seorang Taylor saja tidak suka dieksploitasi, bagaimana mungkin dia melakukan protes, sementara dirinya melakukan hal yang sama kepada orang lain.
“Fotografer tidak meminta musik anda secara gratis, karena itu jangan mengharapkan kami menyediakan media pemasaran secara gratis untuk anda !”Tulis Sheldon.
Sayangnya kontrak seperti itu memang sudah menjadi hal yang umum dan sulit dibantah di kalangan fotografer, terlebih ketika mereka berhadapan dengan artis yang punya nama besar dan terkenal, sehingga hak seorang fotografer pun sering tak terlalu dianggap.
Sheldon sendiri mengakhiri suratnya dengan harapan bahwa Taylor Swift mau mengubah kebijakan lisensi foto bagi fotografer.
“Seorang fotografer tetap butuh nafkah hidup.” Ungkapnya. Perubahan kebijakan lisensi foto tentu akan menjadi kabar gembira bagi fotografer, sayangnya untuk Sheldon, sebuah surat terbuka biasanya didengar jika ditulis seorang yang terkenal dan dikirimkan ke pihak yang setidaknya setara atau kurang terkenal, dan bukan sebaliknya. Tapi biarlah kita berharap agar surat terbuka Sheldon, yang mungkin mewakili seluruh fotografer dunia, mau didengarkan seorang Taylor Swift.
Anda bisa membaca surat terbuka James Sheldon ini di blog wordpressnya.
Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *