Tiga Bulan Planet Saturnus Tertangkap Kamera

Pesawat luar angkasa Cassini merupakan hasil dari proyek kerjasama tiga badan antariksa terkenal di dunia, di antaranya adalah NASA, ESA dan ISA. Masing-masingnya merupakan badan antariksa Amerika Serikat, Eropa dan Italia. 11 tahun lalu tepatnya pada tahun 2014 pesawat ini memasuki orbit planet Saturnus, planet yang disebut sebagai planet terindah di jajaran planet tata surya karena memiliki cincin. Sejak itu pesawat ini telah mengirimkan banyak informasi penting tentang planet Saturnus. Baru-baru ini sebuah foto yang dilansir NASA ke publik, adalah sebuah foto yang menampilkan tiga satelit yang dimiliki oleh planet Saturnus. Satelit-satelit yang terlihat dalam foto tersebut antara lain : Titan, Mimas dan Rhea.

Titan sendiri adalah bulan terbesar yang dimiliki oleh planet Saturnus, Titan dalam foto tersebut tampak sedikit blur diakibatkan karena atmosfer yang dimilikinya membiaskan cahaya disekitarnya. Atmosfer Titan sebagian besar terdiri dari nitrogen; senyawa-senyawa kecil mengakibatkan pembentukan awan metana dan etana serta kabut organik yang kaya akan nitrogen. Iklimnya—termasuk angin dan hujan—menghasilkan permukaan yang mirip dengan Bumi, seperti bukit pasir, sungai, danau, dan laut (kemungkinan terdiri dari metana dan etana cair), dan delta, serta didominasi oleh pola cuaca musiman seperti di Bumi (id.wikipedia.org)

Pesawat Cassini sendiri memiliki dua buah kamera onboard yang terpasang guna mengambil foto dari planet Saturnus yang menjadi objek orbitnya, serta apapun juga yang berkaitan dengan penelitian planet tersebut.

(Sumber : NASA )
Kredit foto oleh NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute

Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *