Apa Itu Kamera GoPro Dan Fotografi Aksi Saat Traveling

Tidak tahu apa itu kamera GoPro? Mungkin sebagian anak muda akan menyebut Anda kurang gaul atau tidak kekinian hehe.

GoPro adalah sebuah brand yang terkenal di dunia kamera aksi (action camera), perkembangan kamera ini sejalan dengan perkembangan fotografi aksi atau kerap disebut action photography.

Perusahaan GoPro sendiri didirikan pada tahun 2002 oleh Nick Woodman. Nick adalah seorang anak muda yang enerjik pada masanya, uniknya, ide untuk melahirkan sebuah kamera tangguh ini didapatkannya saat berkunjung ke Indonesia lebih tepatnya di Bali.

Nick yang hobi berselancar menemukan satu fakta bahwa sangat sulit baginya untuk merekam momen dirinya sendiri yang sementara berselancar, hanya menggunakan kamera biasa.

Akhirnya Nick pun kembali ke Amerika dengan satu tekad, membuat sebuah kamera canggih yang mampu tahan dalam situasi ekstrim seperti olahraga selancar.

Apa Itu Kamera GoPro Dan Fotografi Aksi Saat Traveling

Hingga saat ini perusahaan besutan Nick ini telah meluncurkan berbagai macam dan tipe kamera GoPro, yang rata-rata semuanya memiliki keunikan tersendiri dibanding kamera lainnya di pasaran.

Keunikan dan kelebihan itulah yang menjadikan kamera GoPro menjadi pionir dalam dunia action cam.

Berikut adalah beberapa keunggulan kamera GoPro sehingga begitu ‘digilai’ pecinta action cam di dunia

1. Waterproof dan Shockproof di kamera GoPro

Tahan air merupakan fitur standar yang dimiliki semua tipe kamera GoPro, tentu saja ini merupakan kebutuhan utama bagi semua traveler atau pecinta olahraga ekstrim yang tak pernah jauh dari basah-basahan.

Disamping tahan air kamera GoPro juga dirancang untuk tahan terhadap guncangan, Anda bisa dengan mudah menyematkan di setang sepeda gunung Anda, kemudian memulai petualangan tanpa takut kamera rusak karena terguncang.

Apa Itu Kamera GoPro Dan Fotografi Aksi Saat Traveling

2. Ukuran kamera GoPro yang mungil dan portabel

Rangkaian tipe kamera GoPro didesain dengan ukuran yang mungil dan mudah untuk digenggam hanya dengan satu tangan. Bahkan tipe GoPro Hero 4 Session memiliki ukuran yang sangat mungil, lebih kecil 50% dari ukuran kamera GoPro lainnya.

Apa Itu Kamera GoPro Dan Fotografi Aksi Saat Traveling

Dengan ukuran yang mungil ini, kita bisa dengan mudah menyelipkan kamera di tempat-tempat yang kita inginkan seperti di helm, atau di tongsis (selfie?).

Imbas positif dari ukuran yang mungil, tentunya bobot yang ada jadi sangat ringan dan mudah dibawa tanpa merepotkan Anda saat jalan-jalan.

3. Foto dan video berkualitas tinggi

Dalam hal kualitas foto dan video yang dihasilkan, GoPro layak mendapat pujian. Sudah begitu banyak foto dan video yang dihasilkan dengan kamera ini berseliweran di Youtube, silakan Anda cari sendiri tentunya hehe.

4. Dukungan interkoneksi via Wi-Fi

Kemudahan transfer file sudah menjadi harga mati bagi produk elektronik khususnya kamera saat ini. Demikian juga dengan kamera GoPro sudah mendukung pilihan untuk transfer file via Wi-Fi langsung ke smartphone Anda, untuk eksis pun bukan lagi hal yang sulit.

5. Kelengkapan aksesoris

Saat ini kelengkapan aksesoris (braket atau mounting) untuk kamera GoPro lengkap tersedia. Baik untuk yang resmi keluaran dari GoPro maupun buatan pihak ketiga.

Silakan Anda search di berbagai macam situs jual beli atau toko online dan Anda akan menemukan bermacam-macam aksesoris pendukung kamera ini.

Di samping berbagai keunggulan tadi, kamera GoPro tentu saja memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan.

Yang paling terasa bagi konsumen di Indonesia mungkin adalah faktor harga. Saat ini harga sebuah kamera GoPro mulai dari Rp. 3 jutaan. Bahkan ada beberapa yang mencapai 7 jutaan.

Yah bagi Anda yang berkantong tebal tentu tak menjadi masalah, namun bagi yang pas-pasan saja akan lebih memilih alternatif dari GoPro. Saat ini berbagai tipe dan merk action cam semakin menjamur dan tentunya dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Selain itu issue ketahanan baterai kamera GoPro juga banyak dibahas di berbagai forum internet. Sebagai antisipasi tentu Anda bisa menyediakan baterai cadangan ataupun battery pack agar tak kehabisan daya saat ditengah petualangan.

Jadi bagi Anda penggemar fotografi aksi dan berpetualang, tentunya kamera ini cukup menunjang aktifitas Anda tersebut.

Selamat berpetualang!

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *