Canon 35mm F/1.4L II Diperkenalkan, Lensa Pertama Dengan Blue Spectrum Refractive Optics

Setelah sebelumnya rumor akan beredarnya lensa Canon 35mm baru semakin santer terdengar dan sempat juga kami beritakan. Kini Canon menjawab semua rumor tersebut dengan memperkenalkan lensa baru mereka Canon 35mm f/1.4L II ke publik. Sebuah lensa pertama yang menggunakan teknologi Blue Spectrum Refractive Optics!

Canon 35mm F/1.4L II Diperkenalkan, Lensa Pertama Dengan Blue Spectrum Refractive Optics

Hal menarik yang dimiliki oleh lensa ini adalah teknologi barunya, Canon mengklaim bahwa teknologi ini adalah yang pertama menggunakan bahan organik untuk meningkatkan kualitas lensa dalam hal ini menekan abrasi kromatik dalam foto. Mereka menggunakan bahan organik tertentu yang dikembangkan tenaga ahli Canon, bahan itu disebutkan memiliki karakteristik dispersi anomali yang unik. Cara kerjanya teknologi ini adalah sebagai berikut : molekul BR (Blue Refractive) Optik tadi akan membiaskan cahaya biru yang memiliki panjang gelombang pendek, jauh lebih baik daripada teknologi optik lain seperti Super UD Glass ataupun Fluorite, dengan begitu color fringing yang mungkin terjadi bisa lebih terkontrol.

Ketika komponen ini ditempatkan di antara elemen kaca cembung dan cekung, BR Optics akan membantu menghasilkan gambar dengan tingkat kontras yang tinggi serta kualitas warna yang terjaga, sekaligus mencegah abrasi kromatik pada hasil akhir nanti.

Canon 35mm F/1.4L II Diperkenalkan, Lensa Pertama Dengan Blue Spectrum Refractive Optics

Teknologi Blue Refraction pada lensa Canon 35mm f/1.4L II

Selain teknologi Blue Spectrum Refractive Optics, lensa Canon 35mm f/1.4L II juga mengusung sederet teknologi canggih lain diantaranya dua elemen lensa aspherical serta satu elemen UD glass,  semuanya tersemat dalam susunan konstruksi lensa yang terdiri dari 14 elemen dalam 11 grup.

Lensa ini memiliki jarak fokus minimum sejauh 28 cm atau sekitar 11 inchi. Perbesaran maksimum yang didapatkan lensa ini adalah sebesar 0,21x,  selain itu sama seperti lensa L series lainnya, lensa ini juga memiliki fitur tahan debu dan air sehingga membuat penggunanya nyaman untuk memotret di luar ruangan.

Canon 35mm F/1.4L II Diperkenalkan, Lensa Pertama Dengan Blue Spectrum Refractive Optics

Sampel foto menggunakan Canon 35mm f/1.4L II. Sumber : Petapixel.com

Anda bisa menggunakan filter dengan ukuran 72mm di lensa ini, dalam paket pembeliannya juga termasuk dengan Lens Hood EW-77B serta Lens Pouch LP1219. Kemungkinan lensa ini akan mulai tersedia di pasaran pada bulan Oktober 2015 dengan harga retail sekitar US$ 1.799 atau sekitar 25 juta rupiah untuk kurs saat ini. Untuk info lebih rinci anda bisa kunjungi situs resmi Canon USA.

(Sumber : Canonrumors.com, Petapixel.com)

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *