Di Masa Depan Kamera Bisa Mengidentifikasi Objek Yang Dilihatnya

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, muncul tren baru di dunia fotografi bagaimana kemampuan untuk mengenali dan memberi tag secara otomatis, terhadap objek yang muncul di dalam kamera. Flickr mulai memperkenalkan fitur berupa autotags untuk setiap foto yang anda unggah di situs tersebut. Layanan baru Google juga memungkinkan anda untuk melakukan pencarian terhadap foto anda yang tak berlabel, menggunakan sistem pengenalan gambar yang canggih.

Saat ini sebuah teknologi dengan konsep yang sama, mulai diaplikasikan kepada kamera real time. Perusahaan semikonduktor terkemuka di dunia, Qualcomm mulai mengembangkan sistem yang mereka sebut SceneDetect, dimana teknologi ini akan memungkinkan kamera mengenali objek yang terlihat secara langsung.

Qualcomm mengungkapkan bagaimana ide yang mereka miliki adalah membuat perangkat yang lebih cerdas dalam memproses data yang diterima sensor, dengan cara mencocokan pola berdasarkan data yang ada, cara ini diklaim mirip seperti otak manusia saat memproses gambar atau suara yang diterima indera dan memberikan respon terhadap input tersebut.

Teknologi SceneDetect berjalan murni di perangkat dan bukan dengan menghubungkan layanan di website. Perangkat ini juga dapat belajar mengidentifikasi objek lebih baik dari foto yang diambil berkali-kali.

Anda bisa bayangkan jika teknologi ini diaplikasikan di perangkat mobile phone atau gadget yang ada, hanya dengan mengarahkan kamera di gadget anda, dan semua informasi tentang objek yang ditangkap kamera anda bisa tersedia langsung di layar. Mungkin nama seseorang, alamat atau ukuran sepatunya, hmm menurut anda, seberapa besar potensinya untuk hal positif atau negatif ? Jangan ragu untuk mengungkapkan pendapat anda di kolom komentar.

Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *