DJI Phantom 4 Diluncurkan, Drone Kamera Pintar Yang Mampu Terbang Sendiri

(Saveseva.com, 2/3/2016) Pabrikan drone terkenal DJI dikenal sebagai pemimpin pasar untuk drone, jika kamu penggemar aerial photography pasti sudah tahu beragam keunggulan dari drone yang dikeluarkan DJI.

DJI featured

Nah, kabar bagusnya untuk kamu, baru saja DJI meluncurkan produk terbarunya DJI Phantom 4, produk terbaru dari Phantom seriesnya, penerus dari DJI Phantom 3 yang terkenal di kalangan fotografer dan videographer.

Apa saja keunggulan drone terbaru DJI ini yang disebut-sebut sebagai the sexiest drone dalam perkenalannya? Mari kita lihat bersama!

Sederet Fitur Pintar

Phantom 4 memiliki kemampuan untuk terbang otomatis sambil menghindari objek dihadapannya. Pada beberapa seri sebelumnya, mungkin fitur terbang otomatis ini juga tersedia, namun kita harus menetapkan jalur terbangnya terlebih dahulu.Nah, untuk seri terbaru ini, fitur terbang otomatisnya dikembangkan lebih canggih lagi.

Fitur terbang otomatis yang dinamakan Obstacle Sensing System ini, dirancang sedemikan rupa agar DJI Phantom 4 mampu menganalisa kondisi sekitarnya, kemudian secara cerdas menentukan sendiri jalur yang harus dilalui melewati berbagai objek rintangan di depannya.

DJI Phantom 4 vision

Hal itu dimungkinkan berkat adanya 5 kamera yang tertanam di drone ini, yup DJI Phantom 4 sejatinya memiliki 5 kamera, satu kamera onboard utama yang mampu merekam video 4K, dua kamera di bagian depan, dan dua lagi di bagian bawah drone.

Kamera-kamera ini akan membuat model data 3D dari lingkungan sekitarnya, kemudian memanfaatkan data tersebut untuk menentukan jalur navigasinya sendiri, melewati setiap hambatan yang terdeteksi sampai ketinggian 49 kaki atau sekitar 15 meter. Hebat kan.

Namun tampaknya, fitur ini akan berfungsi dengan baik jika drone dalam kondisi terbang maju, berhati-hatilah jika kamu menggunakannya saat terbang mundur ya.

Kemampuan Mengikuti Objek

Umumnya untuk mengikuti objek yang bergerak di daratan, pada beberapa perangkat drone pengguna harus menambahkan alat gps tertentu pada objek tersebut agar drone bisa mengikutinya berdasarkan navigasi gps tadi, namun untuk DJI Phantom 4 kamu tak perlu repot dengan itu.

DJI Phantom 4 Vision 2

Dengan kemampuan menganalisa objek di depannya, kini Phantom 4 mampu secara aktif mengikuti objek yang kamu kehendaki tanpa harus memiliki alat tambahan lainnya, selama objek tersebut ‘terlihat’ oleh Phantom 4, maka objek tersebut akan senantiasa diikuti.

Selain itu, drone terbaru DJI ini juga dilengkapi dengan fitur TapFly, dimana pengguna tinggal melakukan tap pada screen monitor di daerah yang ingin dituju, dan drone ini secara pintar akan terbang menuju tempat tersebut sambil menghindari rintangan di depannya.

 Spesifikasi DJI Phantom 4

Untuk urusan kamera, DJI Phantom 4 memiliki onboard 4K kamera terintegrasi dengan gimbal 3 axis. Kamera ini memiliki sensor dengan ukuran 1/2,3 inch serta kemampuan ISO hingga 1600 untuk foto dan 3200 saat merekam video.

DJI Phantom 4

Saat merekam video pengguna diberikan pilihan untuk merekam di resolusi 4K pada frame rate 30fps atau di full HD 1080p dengan frame rate hingga 120 fps, yang tentunya sangat berguna untuk efek slow motion.

Untuk urusan baterai sendiri, Phantom 4 dirancang dengan baterai jenis baru yang mampu membuatnya terbang lebih lama hingga 28 menit! Kabar buruknya, kamu tak bisa menggunakan koleksi baterai dari seri lama untuk drone ini.

Controller: 4 Channel 2,4 – 2,483 GHz | Layar :  layar FPV (First Person View) | Kemampuan terbang:28 menit | Camera : 12 Mp dengan kemampuan simpan Adobe DNG RAW | Baterai: 6000 mAH | Jarak kendali: hingga 3-5 kilometer | Memory: microSD Card sampai 64Gb | Berat: 1380 gram | Kecepatan Maksimum: 20m/s

Harga DJI Phantom 4

Kini bagian yang mungkin dinanti (atau ditakuti hehe), DJI Phantom 4 kabarnya akan dipasarkan dengan harga mulai dari US$ 1399 atau sekitar 18,6 juta rupiah di DJI Store. Belum diketahui kapan dan harga resminya ketika dipasarkan di Indonesia. Jadi, kamu berminat?

Sumber: DJI, Engadget

Baca Juga...

1 Response

  1. Harga nya -___-
    Nabung dulu deh hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *