Foto Anonim Pemenang Hadiah Pulitzer

Pulitzer adalah nama penghargaan yang dianggap tertinggi untuk diberikan dalam bidang jurnalisme cetak di Amerika Serikat. Selain itu penghargaan ini juga diberikan untuk pecapaian dalam bidang sastra dan seni. Untuk penerima penghargaan sendiri dipilih oleh badan independen yang secara resmi di atur oleh Columbia Univerity Graduate School of Journalism. Penghargaan ini diciptakan oleh Joseph Pulitzer pada akhir abad ke 19.

Foto Anonim Pemenang Hadiah Pulitzer
Firing Squad In Iran. Credit : Jahangir Razmi

Salah satu cerita menarik dari penghargaan ini adalah bagaimana satu-satunya foto anonim yang pernah menerima penghargaan Pulitzer. Foto dengan judul “Firing Squad in Iran” diambil pada tahun 1979 dan memenangkan hadiah tersebut pada tahun berikutnya, namun selama 21 tahun foto tersebut tidak diketahui siapa yang memotretnya.

Pada tanggal 26 Agustus 1979, seorang fotografer bernama Jahangir Razmi sedang mempelajari 11 orang militan Kurdi yang akan diadili di Iran. Setelah menjalani sidang selama 30 menit, 11 orang tersebut digiring ke lapangan udara untuk kemudian dieksekusi mati oleh regu tembak. Disinilah Razmi menampilkan momen dramatis sebelum kematian para militan Kurdi di tangan regu penembak. Mengambil posisi di sebelah kanan paling belakang algojo, Razmi mengabadikan kejadian tersebut.

Pada tanggal 29 Agustus, foto tersebut ditampilkan di halaman depan surat kabar Iran “Ettela’at”, selanjutnya foto tersebut juga diterbitkan oleh New York Times dan The Daily Telegraph, namun belum ada satupun yang tahu, siapa sosok dibalik foto fenomenal tersebut. Bulan April 1980, foto tersebut memenangi hadiah Pulitzer, dan dikreditkan kepada “Anonymous UPI Photographer” karena sosok Razmi tidak diketahui.

21 tahun kemudian barulah Razmi mengklaim foto milikmnya itu pada tahun 2006. hmm sebuah foto anonim yang menggemparkan tentunya.

Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *