Foto Badak Hasil Menanti Selama 7 Jam

Kunci utama menjadi seorang fotografer satwa liar adalah kesabaran, tentu saja karena kita tidak bisa memperkirakan dan menentukan kapan seekor hewan apalagi jika itu hewan langka akan muncul di hadapan kita dan dipotret. Tentunya persiapan yang matang juga merupakan bagian dari keberhasilan menangkap momen yang ada. Kira-kira hal itulah yang menjadi penentu bagi seorang Johan Georget, fotografer satwa liar yang memotret seekor badak yang sementara minum, di sebuah sumber air di Etosha National Park, barat laut Namibia, Afrika setelah menanti selama tujuh jam !

Johan Georget memulai ekspedisi perjalanannya selama 6 bulan mengunjungi sejumlah negara-negara di Afrika mulai dari Johannesburg, Afrika Selatan hingga ke Addis Ababa di Ethiopia. Sebuah perjalanan panjang sejauh 29 ribu kilometer yang melintasi 12 negara serta mengabadikan sekitar 30 ribu foto. Dilansir dari Petapixel, Georget memotret foto badak sementara minum air itu di Etosha National Park, taman nasional di Republik Namibia sebuah negara di Afrika Selatan.

Georget menuturkan kisahnya bagaimana dia sementara berkemah sambil mengamati sebuah sumber air tempat para hewan biasa minum. Sepanjang hari itu benar-benar membosankan baginya, dengan cuaca mendung dan satwa liar yang datang hanya sedikit. Pada pukul 6 sore setelah dia menghabiskan 6 jam untuk menunggu dan menanti tanpa hasil, Georget hampir membereskan barang-barang dan peralatannya untuk kemudian pergi, tapi dia memutuskan untuk menunggu sedikit lebih lama. Sekitar pukul 7 malam saat matahari mulai terbenam, saat yang dinanti-nantikan Georget datang. Seekor badak hitam muncul dari bayang-bayang hutan kemudian turun minum di sumber air. Bayangan badak itupun membentuk siluet yang dramatis di permukaan air. Secepatnya Georget langsung mengambil potret badak tersebut dengan kamera Pentax K-5 II S bersama lensa 16-50mm f/2.8 di setingan f/4 18mm ISO 400 serta shutter 1/125s.

crop foto badak

Crop dari foto di atas

 

Foto ini menjadi viral di internet setelah di muat di situs terkenal Reddit. Anda bisa mendapatkan cetakan resmi foto tersebut di website pribadi Johan Georget, Georget menyumbangkan 50% dari setiap penjualan fotonya tersebut untuk organisasi penyelamatan badak, Save The Rhinos (www.savetherhino.org). Sebuah pelajaran berharga tentu bagi kita semua yang kerap kali tidak sabar dalam mengambil foto. Belajarlah untuk sabar dalam menanti momen yang tepat, dan saat itu datang, jangan ragu menekan shutter kamera anda !

“The picture is good or not from the moment it was caught in the camera.” – Henri Cartier-Bresson

All images © Johan Georget

(Sumber : Petapixel.com)

Baca juga : Bagaimana Membuat Foto Siluet Yang Bagus

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *