FSPG 2014

FSPG 2014

Menulis bisa menjadi pekerjaan yang sangat menyenangkan, ataupun menjadi pekerjaan yang sangat membosankan. Kalau kita tidak bisa mengatur waktu kita, sekalipun mungkin kita punya cukup banyak waktu luang untuk menulis maka kita tetap tidak akan bisa menghasilkan satu tulisanpun. Hehe… Kayaknya awal tulisan ini agak melenceng dari judul. Iya, belakangan ini saya jadi agak jarang menulis di blog, karena sok sibuk dalam menghadapi FSPG 2014.

FSPG adalah singkatan dari Festival Seni Pemuda Gereja, merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Komisi Pemuda Sinode  GMIM, dimana melibatkan semua gereja yang dibawahi sinode GMIM, berbicara sinode artinya ini mencakup hampir keseluruhan provinsi Sulawesi Utara, artinya bisa dikatakan juga kalau acara ini berskala provinsi zzzz. Nah untuk tahun ini yang kebagian untuk menyelenggarakan kegiatan ini adalah Kota Bitung, dan kebetulannya di wilayah Bitung I dimana gereja kami termasuk di dalamnya. Di wilayah kami terdapat 9 gereja dan masing – masing gereja akan menangani satu mata lomba, minus satu gereja yang akan menangani masalah pendaftarannya atau istilahnya sebagai sekretariatnya panitia.

GMIM Tasik Tiberias merupakan gereja kami dan komisi kami ditunjuk untuk menangani lomba bintang vokalia, setelah melalui beberapa kali pertemuan rapat dan pembentukan panitia, kini kami panitia sudah harus berkutat dengan seabrek persiapan kegiatan yang akan diadakan mulai dari 12 – 14 September. Saya pribadi mengurus beberapa hal, tapi yang paling concern sekarang adalah mempersiapkan photobooth untuk kegiatan FSPG nanti. Photobooth sendiri adalah konsep pemotretan dimana kita menyediakan latar dan berbagai macam properti untuk mereka yang ingin difoto, dan hasil foto tersebut bisa langsung dicetak dan dibawa pulang.

Nah untuk mewujudkan konsep itu saya harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, selain tentu mempersiapkan kamera dan adik – adiknya, sepertinya untuk pencahayaannya juga harus dipikirkan, setelah dipikir – pikir maka diputuskanlah untuk menggunakan konsep one lighting setup, dimana kita menggunakan satu flash eksternal yang dipasang off shoe atau lepas dari kamera, menggunakan lightstand atau tripod, dan ditrigger secara wireless. Serta menggunakan light modifier berupa payung putih transparan, adapun untuk background atau latarnya saya mendesain konsepnya seperti acara pemotretan red carpet yang di award, semoga aja sisa – sisa karpet merah nantinya masih ada dan bisa di pergunakan untuk foto – foto hehe.

Untuk printing tentunya akan sangat merepotkan kalau kita foto terus harus cabut kartu memori lalu dipindah ke laptop untuk dicetak, sekedar info saja biasanya peserta acaranya bisa sampai 100-an lebih, wah…  Oleh karena itu saya menggunakan metode tethering kamera, dimana kamera saya akan disambung dengan kabel data sehingga ketika saya selesai memotret maka foto akan secara langsung ditransfer ke laptop, tentunya dengan software khusus. Dari situ tentu sudah mudah untuk langsung diprint atau dibuatkan hardcopynya berupa CD-R. So buat anda yang ingin foto atau sekedar mejeng di depan latar seperti di atas, jangan sampai lupa datang yah FSPG 2014, 12 – 14 September  khususnya lomba bintang vokalia di GMIM Tasik Tiberias Bitung. See ya.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *