Gebrakan Canon, Sensor 250 Megapiksel dan Kamera 120 MP !

(9/9/2015, Saveseva.com) Canon tampaknya tak berhenti begitu saja setelah meluncurkan kamera DSLR dengan megapiksel tertinggi di kelasnya, Canon 5DS dan 5DS R. Baru dua hari lalu Canon mengumumkan di web resminya, bahwa mereka telah mengembangkan sensor kamera format APS-H dengan resolusi monster, mencapai 250 megapiksel!

Gebrakan Canon, Sensor 250 Megapiksel dan Kamera 120 MP !

Tak hanya itu, selepas mengumumkan kehadiran sensor dengan resolusi monster, satu hari setelahnya Canon kembali mengumumkan bahwa mereka juga sementara mengembangkan sebuah kamera DSLR baru, dengan resolusi hampir setengah dari sensor yang diumumkan sebelumnya, ya kamera DSLR Canon yang sementara dikembangkan ini memiliki resolusi 120 megapiksel. Gila! Tampaknya Canon benar-benar telah menaikkan bendera perang megapiksel terhadap semua kompetitornya.

Untuk ukuran sensor yang pertama diumumkan adalah sebesar 29,2 × 20.2mm atau merupakan format sensor APS-H. format sensor ini disebutkan Canon akan ditujukan untuk penggunaan khususnya di bidang industri terapan. Format sensor APS-H faktanya lebih kecil dari ukuran sensor full frame, namun lebih besar dari format crop sensor atau APS-C. Ukuran Sensor serupa bisa anda temui di kamera Canon EOS 1D Mark IV dan 1D III.

Gebrakan Canon, Sensor 250 Megapiksel dan Kamera 120 MP !

Beberapa kelebihan sensor ini yang diklaim Canon antara lain adalah resolusi video hasil rekamannya yang 125 kali lebih besar dari full HD serta 30 kali lipat resolusi 4K. Anda bisa merekam video Ultra High Resolustion di frame rate 5fps, jika digunakan untuk memotret, anda masih bisa membaca tulisan yang tertera di bodi pesawat yang terbang sejauh 18 km, wow !

Baca juga : Kamera Megapiksel Besar, Baguskah ?

Menyusul sensor resolusi monster itu, Canon juga mengumuman pengembangan kamera DSLR dengan resolusi 120 Mp ! Tentu jika kamera ini diluncurkan, maka duo Canon 5DS dan 5DS R akan terlihat cupu jika dibandingkan dalam hal resolusi, kedua kamera tadi ‘hanya’ memiliki resolusi sebesar 50,6 megapiksel.

Gebrakan Canon, Sensor 250 Megapiksel dan Kamera 120 MP !

Jika sensor 250 megapiksel ditujukan untuk industri terapan, maka kamera DSLR ini tampaknya akan ditujukan bagi pasar konsumer yang ada. Dalam press release mereka, Canon mengungkapkan bahwa teknogi pencitraan next generation akan semakin membuat realitas hadir lewat sebuah foto untuk setiap objek yang dipotret.

Selain kamera DSLR, Canon juga menyatakan bahwa teknologi serupa akan diterapkan juga di jajaran sistem kamera EOS Cinema 8K, sebuah kamera video pro yang mengusung sensor ukuran 35mm, 13 stops dynamic range serta frame rate 60 fps.

Gebrakan Canon, Sensor 250 Megapiksel dan Kamera 120 MP !

Tentunya pengumuman Canon ini sekaligus menjadi tantangan tersendiri untuk para kompetitornya, akan menarik disimak untuk melihat bagaimana tanggapan pabrikan Sony sebagai salah satu pemimpin pasar di bidang sensor kamera, juga rival abadinya Nikon yang notabene menggunakan sensor dari Sony pada beberapa kamera.

(Sumber : Canon, Petapixel.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *