Instagram Upgrade Resolusi Fotonya

Pengguna aplikasi berbagi foto populer Instagram tampaknya semakin dimanjakan dengan kualitas foto-foto yang ditampilkan, dikabarkan The Verge Instagram tampaknya telah mengupgrade resolusi foto maksimum yang akan ditampilkan di aplikasi mobilenya. Selama bertahun-tahun Instagram merasa nyaman dengan resolusi foto 640 x 640 persegi, bahkan setelah diakuisisi Facebook hal itu tetaplah tidak berubah. Jika anda mengupload foto ke Instagram, perangkat apapun juga serta dengan resolusi setinggi apapun tetap akan diresize ke ukuran 640px square. Dulunya memang ini bukanlah hal yang terlalu krusial, karena kebanyakan pengguna Instagram mengakses foto-fotonya lewat mobile phone sehingga resolusi foto yang ada tak terlalu dipersoalkan. Namun saat ini teknologi layar smartphone semakin canggih, layar dengan resolusi full HD bahkan 4K pun bisa dijumpai, karena itu rasanya resolusi foto Instagram mulai terasa ketinggalan jaman.

Baca juga : Foto Yang Paling Banyak Mendapat Like Di Instagram

Tampaknya hal ini juga disadari pihak developer Instagram, sebuah kode referensi ‘1080px’ bisa anda temukan di source code laman Instagram jika anda membukanya di browser. Kode ini merujuk kepada resolusi foto yang didukung oleh Instagram kini mencapai 1080 x 1080 piksel, ini tentunya akan menjadi kabar bagus untuk instagramer yang mengupload foto menggunakan kamera beresolusi cukup tinggi karena resolusi yang tampil bisa lebih baik, ketajaman dan ukuran gambar default pun seharusnya meningkat.

perbandingan resolusi instagram

perbandingan resolusi Instagram antara 1080px dan 640px

Informasi dari orang dalam Instagram  mengungkapkan bahwa proyek resolusi tinggi ini telah dimulai perusahaan tersebut, sejak pekan lalu di perangkat iOS dan Android. Jika anda memiliki perangkat iOS atau Android dengan resolusi layar HD, silakan untuk menguji resolusi foto di aplikasi Instagram anda, apakah sudah ada peningkatan ataukah masih sama? Sayangnya untuk pengguna Instagram yang menggunakan web browser di komputer desktop harus bersabar, untuk saat ini tampaknya fokus pengembangan dari pihak Instagram lebih diutamakan untuk pengguna mobile dan belum diketahui kapan akan diterapkan ke websitenya sendiri.

(Sumber : TheVerge.com )

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *