Layanan Foto Google+ Akan Dimatikan Mulai Agustus !

Dalam postingan di akun Google Plus resminya, Google mengumumkan bahwa layanan foto Google+ milik raksasa internet tersebut akan segera dimatikan pada bulan Agustus 2015, penutupan layanan Google+ Photos ini setelah sebelumnya pada bulan Mei lalu Google telah meluncurkan layanan serupa yaitu Google Photos. Layanan dimana anda bisa menyimpan foto tanpa batas (namun dibatasi dalam hal resolusi) atau unlimited capacity, dengan menggunakan Google Photos anda bisa menyimpan sebanyak apapun foto anda.

Kembali ke pengumuman Google tadi, layanan ini Google+ Photos akan dimatikan efektif per tanggal 1 Agustus, dengan yang pertama kali akan dihilangkan adalah layanan Google+ Photos di perangkat Android setelah itu berturut-turut adalah layanan web kemudian perangkat dengan sistem operasi iOS.

Sekalipun layanan Google Plus Photos sudah dihapus namun anda jangan khawatir dengan foto dan video anda karena semuanya tetap akan tersimpan dan masih bisa diakses menggunakan layanan baru Google Photos. Anda tinggal mendownload aplikasi barunya kemudian semua foto dan video anda akan teralihkan secara otomatis. Jika anda tak ingin menggunakan layanan Google Photos dan ingin memindahkan semua foto dan video anda ke layanan storage lainnya, anda bisa mengekspor semua konten tersebut melalui layanan Google Takeout.

Layanan Google Photos ini sebenarnya sudah dirumorkan akan dihadirkan Google sejak beberapa tahun lalu. Sejak Google mengakuisisi Picasa pada tahun 2004 dan menawarkan layanan penyimpanan foto melalui Picasa Web Album, tahun 2011 Google dirumorkan akan menyediakan layanan penyimpanan foto tak terbatas. Namun ternyata pada tahun 2013 Google malah mengalihkan layanan foto onlinenya ke Google+ Photos.

Butuh dua tahun sejak layanan Google+ Photos dimulai untuk kemudian Google benar-benar meluncurkan layanan tak terbatasnya yang kemudian dinamakan Google Photos bulan Mei lalu, sepertinya Google memilih jalan yang cukup panjang untuk kemudian benar-benar menghadirkan layanan ini.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *