Lebih Dari 1500 Klip Video 4K Ini Tersedia Gratis Untuk Setiap Filmmaker

Popularitas video dengan resolusi tinggi hingga 4K semakin naik akhir-akhir ini, rata-rata produsen kamera baik itu kamera kompak hingga DSLR sudah menambahkan fitur perekaman video 4K dalam perangkat mereka. Tak hanya itu, beberapa produsen smartphone pun telah menyematkan fitur ini ke dalam perangkat andalan mereka.

Lebih Dari 1500 Klip Video 4K Ini Tersedia Gratis Untuk Setiap Filmmaker

Meski semakin banyaknya perangkat yang mampu merekam video 4K, namun faktanya ketersediaan video 4K apalagi yang gratis sangat jarang. Hal tersebutlah yang membuat Mitch Martinez, seorang fotografer dan videografer berbasis di Philadelphia, Amerika Serikat, berniat untuk menghadirkan klip-klip video dengan resolusi 4K secara gratis!

Mitch mengumpulkan semua klip video yang direkamnya di Amerika Serikat, kemudian menyusunnya dalam katalog dengan lebih dari 35 kategori yang berbeda. Setiap orang diperkenankan untuk mendownload dan mempergunakan setiap klip video tadi bahkan untuk keperluan komersial tanpa membayar satu peserpun!

Meskipun berbasis free comercial use atau gratis, namun Mitch memiliki perjanjian lisensi sendiri yang mengatur penggunaan klip video tadi, sehingga mencegah orang untuk mencoba menjual kembali klip video yang diambil dari websitenya. Untuk bisa mendapatkan video-video 4K ini, anda diharuskan untuk mengisi formulir yang tersedia, pengaturan lisensi penggunaannya adalah per proyek yang anda kerjakan. Jika anda memiliki beberapa proyek yang membutuhkan beberapa klip video, tentu anda bisa mengisi beberapa form sekaligus.

Hebatnya, klip-klip video ini tak hanya digunakan oleh filmmaker amatir saja atau perorangan, seperti dilansir dari Fstoppers, terhitung beberapa perusahaan besar berskala dunia turut menggunakan klip video 4K yang dimiliki oleh Mitch Martinez ini, sebut saja perusahaan seperti Microsoft, Nike, HBO, Samsung, NBC Universal serta masih banyak lagi perusahaan serupa.

Mitch sendiri dalam merekam klip video 4K yang berjumlah lebih dari 1500 video, menggunakan perangkat kamera canggih seperti RED Epic Dragon, RED Epic MX dan RED One MX untuk klip-klip awal dari rangkaian videonya.

Dalam pernyataannya, Mitch Martinez mengungkapkan bahwa tujuannya hanya sekedar untuk membantu dalam hal kontribusinya bagi komunitas filmmaker, seni dan hiburan bahkan untuk tujuan pendidikan. Tampaknya semakin jarang orang yang mau sekedar berbagi tanpa menetapkan harga di era saat ini, Mitch menjadi salah satu contoh yang baik tentu dalam hal kerelaan berbagi.

Anda bisa melihat klip-klip video yang dimiliki dan dibagikan gratis oleh Mitch Martinez di website resminya atau di saluran pribadinya di Vimeo.

Semua video dan still images merupakan hak cipta © Mitch Martinez

(Sumber : Fstoppers.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *