Lihat Aksi Fotografer ‘Rooftopping’ Dari Tahun 1920

Rooftopping Photography adalah sebuah genre fotografi yang populer belakangan ini,  jenis fotografi ini menampilkan aksi fotografer yang menaiki gedung-gedung pencakar langit dan kemudian mengambil foto di atasnya. Kebanyakan foto-foto yang ada bahkan cukup untuk membuat lutut anda lemas,bayangkan saja ketinggian gedung pencakar langitnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan meter.

Ternyata genre foto ini sudah populer bahkan hampir satu abad yang lalu, seperti dilansir dari Petapixel berikut adalah foto-foto yang menunjukan aksi fotografer Amerika. Foto  di bawah ini menunjukan bagaimana kondisi jalanan kota New York yang tampak jelas dari atas salah satu puncak pencakar langit kota tersebut. Foto ini diambil kira-kira pada pada pertengahan tahun 1920.

rooftopping (2)

Berikut foto lainnya dimana seorang fotografer tampak sementara duduk di atas konstruksi bangunan di atas jalanan Fifth Avenue yang terkenal di New York.

rooftopping (3)

 

charles Ebbets 3

Belakangan diketahui bahwa foto-foto tadi mengarah ke fotografer Charless Ebbets yang terkenal di era tahun 1932. Salah satu karyanya yang terkenal adalah foto yang menampilkan sebelas pria yang sementara menggelar makan siang di atas konstruksi lantai 69 bangunan gedung RCA waktu itu.  Pada dasarnya dia bukanlah seorang fotografer rooftopping seperti yang populer saat ini, tapi aksi-aksinya di atas puncak gedung pencakar langit dengan pemandangan jelas ke arah kota mengingatkan kita akan fotografer rooftopping saat ini yang semakin menjamur. Bagaimanapun juga yang bisa kita pastikan adalah tren memotret di atas gedung pencakar langit, sudah dilestarikan selama berpuluh-puluh tahun hingga saat ini. Jadi apakah anda tertarik juga untuk memotret dari atas puncak gedung tertinggi ?

(Sumber : Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *