Potret Keajaiban Gua Bersinar Di New Zealand

Arachnocampa luminosa, commonly known as New Zealand glowworm or simply glowworm, is a species of fungus gnat endemic to New Zealand. Both the larval stage and the imago are luminescent. The species is known to dwell in wet caves, grottoes and sheltered, humid places in forests. Its Māori name is titiwai, meaning “projected over water”.

Demikian keterangan Wikipedia mengenai glowworm, sejenis mahluk hidup larva yang menerangi seluruh Glow Worm Cave di New Zealand. Spesies ini ditemukan pertama kali pada tahun 1871 di tambang emas di wilayah Thames Selandia Baru. Pada awalnya spesies ini dikira berhubungan langsung dengan spesies serupa, glowworm kumbang dari Eropa, tapi pada tahun 1886 seorang guru dari Christchurch menunjukan bahwa spesies itu adalah larva dari nyamuk dan bukanlah kumbang. Larva itu lalu disebut Bolitiphila Luminosa sebelum akhirnya berganti nama menjad Arachnocampa luminosa pada tahun 1924. Spesies ini jugalah yang membuat glow worm cave ( gua glowworm-red) begitu terkenal bagi traveler dari seluruh dunia, berbondong-bondong mereka datang untuk menyaksikan keunikan dari gua ini.

Beruntung bagi seorang fotografer asal New Zealand, Joseph Michael, dirinya sama sekali tidak asing dengan larva yang disebut Arachnocampa luminosa ini, baginya gua tempat habitat dari spesies ini sudah bagaikan rumah saja, hingga ketika Michael mulai memutuskan untuk melakukan traveling, dia pun teringat akan gua tersebut dan menarik dirinya menjelajah ke gua kapur di pulau Utara yang telah berusia sekitar tiga puluh juta tahun. Satu saja tujuannya, mencari mahluk bersinar yang melapisi dinding-dinding gua.

Foto kiriman Joseph Michael (@joemichaelmedia) pada

 

Foto kiriman Joseph Michael (@joemichaelmedia) pada

Di dalam gua tersebut, seperti dilansir dari featureshoot Michael mengungkapkan bahwa dia menemukan semarak dari cahaya yang bersinar di sekujur lapisan gua, cahaya yang membuat seolah gua tersebut bermandikan cahaya biru. Menjelajahi sepanjang kedalaman gua tersebut, menapakan kakinya ke dalam air yang memenuhi dasar gua, sambil menyaksikan betapa pesona alam di sekelilingnya, semua diabadikan Michael lewat jepretan kameranya dan ditampilkan di website pribadinya. Anda bisa mengunjungi web Michael untuk menemukan pesona dari larva ini dan tentunya menyaksikan salah satu objek wisata terkenal di New Zealand dari mata seorang fotografer.

All images © Joseph Michael

(Sumber : Featureshoot.com)

Baca juga : Pantai Desa Waleo

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *