Seniman Rela Menyewa Billboard Iklan Hanya Untuk Menampilkan Foto Alam !

Umumnya billboard iklan apalagi dengan ukuran yang besar-besar disewa orang untuk menampilkan produk atau untuk mengiklankan jasa. Namun berbeda dengan yang dilakukan oleh Brian Kane, seorang seniman asal Amerika Serikat. Dia menyewa sebuah billboard di negara bagian Massachusetts dan melakukan hal yang tak biasa dengan billboard tersebut. Alih-alih menampilkan iklan produk atau iklan lainnya, dia malah menampilkan foto-foto pemandangan alam di billboard raksasa itu. Kane menamakan proyeknya ini dengan judul ‘Healing Tool’.

Kane menjelaskan bahwa tujuannya adalah untuk tetap menjaga keindahan dari pemandangan alam di sekitar lokasi tempat billboard raksasa itu dibangun. Menurutnya selama ini kehadiran billboard itu menutupi pemandangan alam di sekitarnya, oleh karena itu dia menggantikannya dengan menghadirkan foto-foto pemandangan alam untuk ditampilkan di billboard tersebut. Pada siang hari billboardnya akan menampilkan foto-foto dari pemandangan alam sekitar dari daerah tersebut, hal itu menyebabkan anda akan sedikit susah untuk melihat billboard itu jika tak teliti karena foto-fotonya memang begitu nyata dan sesuai dengan kondisi sekitar billboardnya.

billboard

Foto alam yang ditampilkan di billboard saat siang hari

milkway

Foto alam yang ditampilkan di billboard saat malam hari

Uniknya foto-foto di billboard akan menyesuaikan dengan keadaan alam yang sementara terjadi, saat siang hari dalam kondisi cerah foto yang ditampilkan adalah foto di sekitar tempat billboard itu berdiri. Pada malam hari dan kondisi tanpa bulan maka billboardnya akan menampilkan foto bulan sebagai penggantinya, sebaliknya ketika bulan bersinar terang di langit malam hari, maka billboard itu akan menampilkan foto langit malam yang bertaburan dengan bintang-bintang atau sebuah foto yang menampilkan milky way di langit.

Sebuah ide yang cukup unik mungkin, tetapi menunjukan kepedulian kepada alam sekitar. Saat ini dimana-mana dibangun billboard untuk tujuan komersil dan bahkan iklan yang ditayangkan belum tentu bermanfaat bagi orang yang melihatnya. Apa yang dilakukan oleh seniman tadi mungkin sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap alam, tapi itu juga menjadi sedikit warning bagi kita untuk lebih mencintai alam jika tak ingin nanti hanya bisa menikmatinya lewat tayangan-tayangan foto saja !

(Sumber : Brian Kane)

Baca juga : 3 Rahasia Mendapatkan Foto Eksotis Dari Alam

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *