Slow Speed Dengan Lensa Kit

Hari ini saya mencoba untuk mengambil foto landscape pantai dengan teknik slow speed. Bagi yang belum tahu ,pura pura tahu sajalah, ๐Ÿ˜€ teknik slow speed adalah cara pengambilan foto dengan waktu eksposure yang lama, atau dengan kata lain menggunakan shutter speed yang lambat.

Manfaat dari shutter speed yang lambat ini adalah kita bisa memuluskan gerakan air, utamanya yah ketika kita memotret air.

Masalah yang timbul ketika memotret dengan shutter speed lambat adalah over exposure pada foto yang dihasilkan. Hasil potret kita akan terlihat terlalu terang, anda bisa tanya om google untuk melihat referensi dari berbagai situs fotografi, yang banyak mengupas tentang teknik low speed ini.

Saya untuk kali ini hanya menggunakan lensa kit 18-55 mm untuk membuat foto diatas, ya ialah lensa lebar yang dipunya cuma itu :D.

Ada beberapa kendala yang dihadapi saat mencoba mengabadikan debur ombak agar supaya terlihat mulus, yang pertama tentunya masalah over exposure tadi.

Sangat disarankan buat anda yang serius dan punya banyak duit dalam mengambil foto dengan teknik slow speed agar menggunakan filter Neutral Density atau sering cuma disingkat filter ND. Tentu supaya membatasi cahaya yang masuk ke lensa agar shutter speed lambat bisa dicapai.

Slow Speed Dengan Lensa Kit
Foto dengan shutter speed normal

 

Slow Speed Dengan Lensa Kit
Foto dengan slow speed

Berhubung saya belum punya yang namanya filter ND tadi, saya mencoba mengakali dengan datang ke pantai sore hari, harapannya sih sudah agak gelap. Tapi saat tiba di pantai, pukul 5 sore pun masih lumayan terang, waduh…

Mengakali itu jadilah bukaan lensanya dipersempit dan ISO diatur paling rendah, meski begitu shutter speed yang saya dapat cuma 1/8 detik di bukaan f/22.

Jadilah foto yang paling atas, sempat coba search google kesana kemari saya menemukan beberapa foto slow speed yang memang benar – benar slow. ๐Ÿ˜€ Ada yang sampai 115 detik, ada juga yang cuma 5 detik. Kayaknya semakin lama waktu bukaannya bisa semakin mulus foto airnya. Nantilah kedepannya pasti bisa lebih baik lagi. ๐Ÿ™‚

Update terbaru seri foto slow speed : Belajar Fotografi – Memotret Air Slow Speed Tanpa Filter

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *