Stuck Memotret? Yuk Belajar Membuat Foto Bokeh Lampu Sederhana Ini Di Rumah

Lagi bosan karena tak bisa memotret di luar rumah? Mungkin karena hujan atau alasan lain hingga kamu tak bisa hunting bersama kawan-kawan fotografer?

Jangan kesal dulu, saat sepi di rumah, kamu bisa mencoba memotret foto bokeh unik seperti di bawah ini.

foto bokeh lampu

Sebelumnya, saya pernah menuliskan tips serupa di artikel ini, namun kali ini kita akan melihat langkah-langkah rincinya.

Sebenarnya membuat foto bokeh lampu seperti itu sangatlah mudah, apalagi jika kamu sudah berpengalaman dengan foto bokeh.

Asalkan sudah punya lensa 50mm yang murah namun fantastik itu, kamu bisa membuat foto seperti di atas dengan sedikit meluangkan waktu saja.

Baca juga : 10 Alasan Mengapa Lensa 50mm Terbaik Bagi Anda

Sebelumnya pastikan beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat foto seperti di atas, di antaranya :

  • Kamera DSLR/Mirrorless dengan lensa bukaan besar (f/1.8 – d/2.8), semakin besar bukaan semakin bagus
  • Tripod
  • Meja dengan alas putih (bisa menggunakan kertas karton atau HVS) untuk meletakkan objek
  • Objek yang ingin dipotret
  • Lampu senter ataupun flash eksternal
  • Rangkaian lampu hias (sering dikenal dengan lampu cabe)

1. Memotret foto bokeh lampu sebaiknya waktu gelap atau malam hari

Untuk mendapatkan bokeh lampu seperti di foto tadi, situasi pemotretan yang cocok adalah saat malam hari atau kondisi agak gelap.  Mengapa harus gelap? Tentu agar cahaya lampu hias yang dipasang bisa terlihat, kalau kondisi terang bisa-bisa tak kelihatan.

Oleh karena itu disarankan untuk memotret waktu malam hari, atau bisa juga dalam ruangan yang tertutup dan kurang cahaya.

2. Gunakan mode Aperture Priority (A/Av) atau Manual (M)

Mode Aperture priority gunanya supaya kamu tak kesulitan mengatur settingan kamera lainnya, selain itu pastikan ISO yang dipilih di ISO 100 atau 200. Gunakan bukaan lensa yang paling besar yang dimiliki, jika yang kamu pakai lensa 50mm f/1.8, gunakan bukaan terbesarnya di f/1.8.

Jika menggunakan mode manual, untuk pilihan pengaturan masih sama yaitu bukaan terbesar yang dimiliki, dan untuk shutter speed karena kondisi gelap maka umumnya shutter speed yang didapat lambat.

Silakan putar roda dial kamera untuk memilih shutter speed yang cocok sampai lightmeter di viewfinder menunjukkan angka 0 atau tepat di tengah.

3. Gunakan Tripod

Tripod sangat penting untuk memotret low light atau kondisi pencahayaan yang kurang seperti tadi. Dengan menggunakan tripod kita bisa mencegah foto blur karena bergoyang.

Baca juga : 8 Peralatan Wajib Untuk Foto Malam Hari

Jika kamu belum punya tripod, bisa menggunakan meja atau kursi yang alasnya datar untuk meletakkan kamera. Usahakan tingginya sama dengan meja tempat objek kita diletakkan nantinya.

4. Letakkan objek di atas alas putih

Alasi meja tempat objek dengan kertas HVS atau karton putih, kemudian tempatkan objek yang akan difoto di atasnya. Untuk objek foto ini sendiri sangatlah beragam dan terserah kamu.

Satu hal yang penting adalah objeknya lebih baik berukuran tidak terlalu besar agar mudah dikomposisikan. Berikut adalah foto saat saya berkreasi dengan botol minyak kayu putih.

foto bokeh lampu

Bagi kamu yang hobi mengoleksi miniatur ataupun mainan lainnya, tentu bisa menjadi tambahan ide untuk berkreasi dengan mainan kesayangan kamu.

5. Lilitkan lampu hias sedemikian rupa di kursi atau tiang

Tempatkan lampu cabe berwarna warni tadi melilit di kursi ataupun tiang, dengan jarak secukupnya dari objek foto. Nyalakan lampu cabe tadi kemudian atur komposisi sedemikan rupa agar keseluruhan lampu terlihat di frame.

Kamu mungkin akan mendapatkan jarak sekitar 2-3 meter dari objek agar bokeh yang tercipta tampak cantik. Tentu jaraknya menyesuaikan dengan kondisi di tempatmu.

lampu cabe

Contoh lampu cabe. Sumber: Bukalapak.com

Jangan lupa, lampu hias tadi bisa kamu bentuk menyerupai huruf atau model yang unik, jangan hanya monoton dililitkan begitu saja.

6. Fokuskan kamera ke objek yang akan dipotret

Bidik objek yang akan dipotret menggunakan viewfinder kamera, atau kamu juga bisa menggunakan LCD agar lebih mudah. Jangan lupa gunakan fitur zoom untuk memastikan fokus terkunci dengan tepat.

Karena kita menggunakan bukaan besar maka sangat beresiko kamera missfokus, oleh karena itu tempatkan titik fokus dengan tepat. Dalam prakteknya, tunggu sampai terdengar bunyi bip artinya kamera sudah mengunci fokus, baru kamu menekan tombol shutter.

Jika kamera kesulitan mengunci fokus, gunakan lampu senter tadi untuk menyinari objek, kalau objeknya lilin sih kamera biasanya mudah mendapat fokus karena cukup terang.

Sesuaikan juga komposisi yang kamu inginkan, bisa menggunakan rule of thirds atau lainnya.

7. Jepret, tinjau hasil foto bokeh lampu tadi, kemudian coba lagi

Setelah kamera sudah mengunci fokus, gunakan timer untuk menghindari blur akibat guncangan tangan saat menekan shutter.

Beberapa kemungkinan yang akan kamu jumpai antara lain :

a. Foto terlalu terang atau terlalu gelap
Untuk mengatasinya, perhatikan kembali metering kamera, pastikan lightmeternya berada  tepat di tengah, jika belum atur kembali shutter speed yang ada. Jika menggunakan mode Av/A umumnya kamera akan otomatis menentukan shutter speed serta tingkat eksposur.

b. Eksposur tepat, bokeh juga terlihat cantik tapi objek foto tampak gelap
Jika ini yang kamu jumpai, artinya untuk objek perlu mendapat penerangan tersendiri. Gunakanlah lampu senter yang ada, saat akan memotret arahkan cahaya ke objek dari jarak yang cukup.

Perhatikan juga arah jatuhnya cahaya, yang umum dipakai adalah arah 45 derajat sebelah atas objek foto, bereksperimenlah dengan arah cahaya yang dipakai.

Akan lebih baik lagi jika menggunakan kertas putih atau kain putih agar cahaya tidak terlalu keras. Lama penyinaran disesuaikan, jika terlalu lama bisa saja objek tadi hasilnya terlalu terang.

Secara sederhana, pengaturan foto tadi akan tampak seperti di bagan di bawah ini.

foto bokeh lampu

Kamu juga bisa mengganti cahaya senter dengan lampu flash eksternal jika punya. Jika sudah mahir memotret bokeh kreasi sendiri, sekarang kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu lainnya sebagai background.

Bokeh lamp

Salah satu kreasi foto bokeh lampu yang cantik karya Jorge Dalmau

****

Demikian tips sederhana agar kamu tetap bisa berkreasi memotret di rumah, kreatiflah dengan objek yang ingin dipotret serta background yang ingin digunakan.

Selain itu kamu juga bisa mencoba berbagai foto bokeh lampu dengan berbagai bentuk tergantung kreasi kamu sendiri. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini buat temanmu yang juga senang memotret.

Salam jepret!

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *