Terjemahan Google Translate Langsung Dengan Kamera Smartphone

Kecanggihan teknologi semakin hari semakin nyata saja, kini aplikasi terjemahan bahasa terkenal milik Google, Google Translate, telah memliki terobosan baru dalam menerjemahkan bahasa di seluruh dunia.

featured google translate

Anda kini bisa menerjemahkan bahasa hanya dengan mengarahkan kamera smartphone anda ke tulisan yang ingin anda terjemahkan, dalam hitungan detik aplikasi ini akan menerjemahkan tulisan yang ditangkap kamera anda tadi, wow !

Fitur baru ini kini bisa anda cicipi langsung di aplikasi Google Translate baik itu di smartphone dengan sistem operasi Android ataupun di iOS. Fitur yang ditambahkan Google untuk kemudahan penggunanya ini bernama Word Lens. Untuk memahami cara kerja fitur ini silakan lihat video di bawah ini.

Untuk fitur Word Lens  merupakan kemampuan aplikasi ini menerjemahkan bahasa menggunakan bantuan kamera smartphone anda.

Dalam penggunaannya sangatlah sederhana, anda tinggal mengarahkan kamera smartphone ke tulisan yang ingin diterjemahkan kemudian dalam hitungan detik akan tampil terjemahan dari kata tersebut langsung di layar anda. Anda bahkan bisa menggunakan fitur ini sekalipun tidak sedang terhubung dengan internet.

Sejauh ini fitur Word Lens bisa anda pergunakan untuk menerjemahkan 27 bahasa di dunia. Bahasa-bahasa yang didukung oleh fitur Word Lens Google Translate antara lain Bahasa Inggris, Bulgaria, Catalunya, Kroasia, Ceko, Denmark, Belanda, Filipina, Finnish, Perancis, Jerman, Hindi (one-way translation), Hungaria, Indonesia, Italia, Lithuania, Norwegia, Polish, Portugis, Rumania, Rusia, Slovakia, Spanyol, Swedia, Thailand (one-way translation), Turki dan Ukraina.

Tim riset Google tampaknya telah mengembangkan algoritma program yang mampu mengenali huruf dalam bentuk gambar, kemudian menerjemahkannya menggunakan database yang ada. Anda bisa melihat bagaimana tim riset Google membuat hal tersebut menjadi nyata lewat postingan resmi di blog mereka.

Fitur lain yang juga dimiliki oleh aplikasi Google Tranlate adalah Real Time Translation. Dengan fitur ini anda bisa mengucapkan kalimat dalam suatu bahasa melalui mikropon smartphone anda, kemudian kalimat itu akan dideteksi oleh aplikasi Google Translate dan  akan langsung diterjemahkan ke bahasa yang anda inginkan.

Fitur ini akan sangat berguna jika anda mengalami kesulitan berkomunikasi dua arah dengan orang yang berbeda bahasa dengan anda. Tertarik dengan fitur Google Translate yang baru ini? Silakan dapatkan aplikasinya di toko aplikasi smartphone anda masing-masing. Jika anda memiliki pengalaman dalam menggunakan fitur Google Translate yang baru ini, jangan sungkan untuk membagikannya lewat kolom komentar.

Baca Juga...

2 Responses

  1. Abel says:

    Aku butuh sekali

  2. Alexamder rocky says:

    Aku butuh bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *