Tips Memotret Sunset Dengan Smartphone

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini juga mulai memberikan dampaknya kepada pergeseran penggunaan perangkat kamera, kamera mobile phone atau kamera smartphone yang pada waktu lalu, jarang diperhitungkan dalam memotret, karena fitur kamera pada mobile phone seringkali hanyalah sebagai tambahan.

Namun sekarang hal tersebut telah berubah.

Kamera pada smartphone semakin canggih saja, dengan kemampuan menangkap gambar yang semakin mengagumkan, ditambah ukuran yang ringan dan portabilitas smartphone yang dengan mudah bisa dibawa kemana saja, membuat perangkat ini menjadi salah satu favorit dalam memotret.

Tips Memotret Sunset Dengan Smartphone

Salah satu contoh adalah beberapa tahun terakhir ini, berdasarkan statistik perangkat yang paling banyak digunakan oleh pengguna Flickr dalam mengambil foto pun semakin bergeser, jika dulu kamera digital atau DSLR menjadi favorit, maka sekarang yang paling banyak adalah kamera mobile phone.

Pada postingan ini kita akan membahas sekiranya apa yang perlu diperhatikan bagi pengguna smartphone saat akan menggunakannya dalam memotret, khususnya dalam memotret sunset.

1. Gunakan kamera anda dengan aplikasi standar kamera

Maksudnya aplikasi standar kamera adalah aplikasi yang memang disediakan vendor smartphone anda untuk mengakses kamera di perangkat smartphone, karena biasanya dengan begitu anda akan mendapatkan kualitas yang terbaik dari jepretan smartphone anda.

Hindari penggunaan aplikasi third party atau pihak ketiga, aplikasi milik pihak ketiga biasanya sudah ditambahi berbagai macam plug in yang pada akhirnya membuat kualitas foto anda menurun.

Satu lagi jangan gunakan aplikasi selfie semacam cam360, B612 atau apalah namanya untuk memotret sunset hehehehe kecuali anda mau selfie pastinya.

2. Kuasai penggunaan smartphone anda

Pada umumnya yang paling tahu pengoperasian smartphone adalah yang empunya pasti, namun jika seandainya anda harus menggunakan smartphone milik teman, pastikan anda bertanya penggunaan smartphone atau setidaknya penggunaan aplikasi kamera di smartphone tersebut.

Jangan sampai anda menghabiskan waktu hanya untuk mencari tahu, kenapa kameranya tak bisa dijepret karena tak tahu harus ditekan di sebelah mana.

3. Dynamic Range

Dynamic range sederhananya adalah kemampuan sensor kamera untuk menangkap perbedaan antara bagian terang dan gelap dalam foto.

Semakin luas ukuran sensor kamera dan semakin canggih sensornya, biasanya dynamic range kamera tersebut semakin luas, nah soal dynamic range inilah smartphone masih belum mampu menyamai kamera DSLR, tentu karena ukuran sensor yang memang berbeda jauh.

Untuk mengakalinya fokuslah pada bagian yang terang dari sunset yang anda inginkan, biasanya bagian daratan yang gelap akan menjadi sangat gelap, tidak mengapa, biarkan saja itu menjadi siluet atau bayangan hitam sehingga membuat foto anda menjadi lebih dramatis.
Tips Memotret Sunset Dengan Smartphone

4. Manfaatkan Point of Interest

Baca juga artikel :

 Membuat Efek Bokeh Dengan Smartphone

Dalam artikel tersebut diterangkan tips sederhana membuat bokeh dengan smartphone, hal ini bisa anda coba dalam foto sunset anda, potretlah objek tertentu dengan menggunakan teknik tersebut, dan jadikan sunset menjadi background anda, dengan cahaya matahari keemasan yang menjadi latar belakang tentu akan menciptakan efek yang lebih dramatis pada objek tersebut.

Apabila objek tersebut jadi tampak seperti siluet, anda memiliki dua pilihan di sini, membiarkan objek tersebut jadi tampak siluet atau anda bisa menggunakan cahaya dari sumber lain untuk meneranginya, entah anda menggunakan senter atau lampu ataupun lampu kilat dari smartphone anda untuk membuat objek tampak terang.

5. Gunakan flash internal sebagai fill in

Saya pernah melihat foto teman, dimana dia berpose membelakangi sunset, sunset dibelakangnya tampak keren, tapi wajahnya sendiri malah tidak terlihat karena gelap, nah dalam kondisi seperti ini, jika anda memotret teman atau anda yang dipotret, supaya wajah anda terlihat gunakanlah flash atau lampu kilat smartphone anda.

Fungsi lampu kilat dalam hal sebagai fill in bagian yang gelap dari foto karena pengaruh backlight yang terlalu terang, dalam hal ini cahaya matahari sunset. Yah kecuali anda memang menginginkan foto siluet diri anda atau teman anda, gunakanlah flash tadi supaya wajahnya yang rupawan terlihat.

Tips Memotret Sunset Dengan Smartphone

Demikian tips sederhana bagaimana kita memotret sunset dengan menggunakan smartphone. Oh ya foto – foto di atas merupakan karya dari salah satu kontributor blog ini, Eodya. Yang dibuat dengan menggunakan kamera smartphone Samsung E7 miliknya, terima kasih untuk Eodya atas kiriman foto-fotonya.

Anda bisa melihat karya lainnya di akun instagram miliknya di @eodyaa.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *