Venus Laowa 15mm F/4 Lensa Makro Terlebar Di Dunia

Venus Optics adalah pabrikan lensa asal Cina,  mungkin namanya masih terasa asing bagi fotografer di Indonesia, namun baru saja mereka menggebrak dunia fotografi dengan produk terbarunya, sebuah lensa makro dengan ratio perbesaran 1:1. Terus apakah yang istimewa dari lensa ini? Yup.. ini adalah lensa super lebar, lensa Venus Laowa 15mm f/4 ini merupakan lensa makro terlebar di dunia !

Lensa ini merupakan yang pertama di jajaran lensa makro, yang mampu menghasilkan sudut pandang hingga 110 °, Dengan lensa ini fotografer mampu membuat foto-foto makro dengan rasa wide angle, tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Demikian merupakan hal yang diklaim oleh pabrikan Venus melalui websitenya.

Alih-alih menghadirkan bidang pandang berupa dunia miniatur, Laowa 15mm f/4 ini lebih memungkinkan fotografer untuk memasukkan background pada subjek foto makro, dengan begitu lingkungan asli tempat subjek foto turut menjadi bagian penting dalam tampilan foto secara keseluruhan.

Jarak fokus minimum lensa ini berada di kisaran 0,47 cm, artinya ujung lensa ini akan begitu dekat atau hampir menyentuh objek, saat anda memotret di ratio 1:1. Tentu ini akan jadi masalah yang cukup pelik saat memotret hewan kecil di habitat aslinya, bisa saja hewan tersebut lari karena takut, belum lagi masalah pencahayaan. Tampaknya ini akan menjadi PR tersendiri bagi pabrikan lensa Venus. Berikut adalah beberapa sampel foto resmi yang menunjukan kinerja lensa ini. (Sebagai catatan tak ada satupun foto yang menunjukan pengambilan gambar di ratio 1:1)

4

5

6

2

15原片-2

Selain berfungi sebagai lensa makro, Laowa 15mm f/4 ini juga bisa anda gunakan sebagai lensa super lebar jika dipasangkan di bodi full frame. Hanya dengan menyetel titik fokus ke infinity, anda bisa mendapatkan view landscape yang anda mau. Pada bagian belakang lensa terdapat mekanisme pergeseran, yang memungkinkan penyesuaian hingga +/- 6mm, hal ini memungkinkan fotografer dapat mengoreksi distorsi secara langsung dalam pemotretan landscape ataupun arsitektur.

Lensa ini juga mengusung spesifikasi antara lain : 12 elemen lensa dalam 9 grup, 14 buah blade aperture untuk bokeh yang lebih halus, bodi lensa dari logam serta ukuran filter berdiameter 77mm.

Laowa 15mm f/4 akan tersedia mulai bulan Juli 2015 untuk mount Canon EF, Nikon F, Sony A, Sony FE dan Pentax K, dengan kisaran harga US$ 479 atau sekitar 6  juta rupiah. Jadi tertarikkah anda ?

Baca juga :

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *