Algoritma Canggih Google Mengubah Gambar 2D Jadi 3D

Para peneliti Google mengembangkan satu algoritma baru yang mampu mengkreasikan gambar dua dimensi menjadi gambar 3 dimensi. Hal ini tampaknya akan diaplikasikan Google ke layanan Street View mereka. Sistem baru yang mereka namakan ‘DeepStereo’ ini mampu memprediksi tampilan gambar yang belum pernah dilihat sebelumnya. Teknologi ini memungkinkan sekumpulan gambar diubah menjadi tiga dimensi menggunakan algoritma khusus untuk mengisi area atau bagian pada foto yang tak tercover sebelumnya. Dengan menginterpolasi frame yang hilang tadi akan menjadikannya sebagai gambar 3D yang lebih mulus.

Video dengan durasi 2 menit di bawah ini akan menunjukan bagaimana sistem ini mampu mengubah foto dari layanan Street View Google menjadi 3 dimensi.

DeepStereo bekerja dengan cara mengambil input foto yang ada kemudian mengubah informasi berupa kedalaman bidang gambar serta warna dari foto tersebut sehingga berbentuk tiga dimensi. Untuk mengisi frame yang tak ada sebelumnya, sistem ini membuat tampilan prediksi berdasar dari file original tadi.

Tim peneliti Google menguji algoritma DeepStereo dengan menggunakan 10 ribu foto yang dipotret menggunakan layanan mobil Street View Google. Tim tersebut kemudian menghapus satu foto dari keseluruhan yang ada, kemudian menginstruksikan algoritma DeepStereo untuk menciptakan kembali foto yang dihapus tadi berdasarkan foto-foto yang dipotret sebelum dan sesudah foto itu.

Mereka menemukan bahwa algoritma ini mampu menciptakan gambar artifisial dari foto yang dihapus tadi, hasil karyanya bahkan begitu mirip dan sangat sulit dibedakan dari foto yang asli. Sayangnya masih ada kelemahan teknis dari sistem ini, dibutuhkan lebih dari sepuluh menit untuk menciptakan satu gambar menggunakan algoritma DeepStereo meski telah menggunakan komputer dengan spek powerful, tentu ini hanyalah masalah teknis teknologi yang bisa dengan segera diatasi. Mungkin tak lama lagi kita bisa mendapati gambar video tiga dimensi yang sepenuhnya dihasilkan menggunakan teknologi algoritma DeepStereo dari foto-foto dua dimensi.

Bisa anda bayangkan tentunya jika dari beberapa foto saja kita bisa menentukan secara tepat keseluruhan isi dari rumah anda, dimana kamar tidurnya, dimana WC serta kamar mandi yang biasa anda pakai, bahkan hal-hal kecil lainnya… Kira-kira apa yang anda pikirkan mengenai teknologi baru Google ini ?

(Sumber : Technology Review)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *