Aplikasi Pembuat Kontrak Model Release Fotografer Hadir Di Iphone

Hak cipta dalam sebuah foto memang seringkali menjadi suatu perdebatan tersendiri. Namun alangkah baiknya jika anda sebagai seorang fotografer ketika memotret, anda sudah mengantisipasinya terlebih dahulu, tentu untuk menghindari kemungkinan adanya masalah di kemudian hari. Sebelumnya kami telah menginformasikan tentang 10 website yang bisa membantu melindungi hak cipta foto anda, nah saat ini kita akan melihat sebuah aplikasi smartphone yang bisa membantu anda, membuat dokumen yang sangat penting dalam pemotretan model, yaitu dokumen model release.ipon

Sebelumnya anda perlu ketahui tentang dokumen model release terlebih dahulu, mari kita lihat pendapat wikipedia :

model release, known in similar contexts as a liability waiver, is a legal release typically signed by the subject of a photograph granting permission to publish the photograph in one form or another. The legal rights of the signatories in reference to the material is thereafter subject to the allowances and restrictions stated in the release, and also possibly in exchange for compensation paid to the photographed (Sumber : WIkipedia.org)

Bisa anda llihat bagaimana pentingnya dokumen model release? Oke mari kita bayangkan satu kasus, dan ini seringkali terjadi. Seorang model begitu kaget karena melihat wajahnya terpampang di suatu iklan surat kabar dan majalah, setelah diselidiki ternyata seorang fotografer yang pernah memotretnya, telah menawarkan foto dirinya kepada suatu perusahaan komersial untuk menggunakan foto tersebut di iklan mereka. Jadilah foto model tersebut muncul di iklan surat kabar dan majalah. Masalahnya sang fotografer tak pernah memberitahukan kepada si model, dan si model juga merasa tak pernah mengizinkan fotonya untuk digunakan dalam properti iklan perusahaan itu. Masalah ini pun berlanjut sampai ranah hukum, karena sang model menuntut si fotografer atas penyalahgunaan fotonya.

Kasus-kasus seperti di atas seringkali terjadi hanya karena kesalahan sepele dari fotografer, yaitu tak mau membuat dokumen model release sebelum pemotretan. Dokumen model release adalah dokumen yang berisi pernyataan dari sang model, bahwa dia mengizinkan si fotografer untuk mempergunakan fotonya sesuai dengan kesepakatan perjanjian yang tertulis di dalamnya. Contohnya untuk keperluan komersial. Tujuannya tentu untuk menghindari masalah-masalah hukum seperti yang dicontohkan di atas.

Aplikasi Pembuat Kontrak Model Release Fotografer Hadir Di IOS

Nah saat ini ketimbang anda sibuk dengan kertas-kertas dan map ataupun pena setiap kali memotret, sebuah aplikasi khusus belum lama ini telah diluncurkan di iOS Store. Releases Aps adalah sebuah aplikasi yang tersedia untuk memudahkan fotografer untuk membuat dokumen model release sendiri. Anda tinggal mengisikan semua data anda sebagai fotografer yang akan tersimpan nantinya. data-data ini juga akan secara otomatis menyesuaikan dengan template dokumen yang ada. Hebatnya, template yang tersedia benar-benar mengikuti standar industri stok foto yang ada, sebut saja model release standar Getty Images atau Shutterstock. Setiap file yang tersedia bisa anda simpan dalam format PDF dan menyimpannya di drive ataupun di cloud anda. Satu lagi aplikasi ini tersedia secara gratis, tanpa harus mengeluarkan biaya apapun. Model anda pun bisa langsung membubuhkan tandatangannya secara elektronik di layar Iphone anda.

Beberapa kekurangan aplikasi ini mungkin adalah bahasa yang didukung barulah bahasa Inggris, setiap pernyataan yang dibuat bukan dalam bahasa sendiri tentu bisa saja kurang dipahami atau bisa dipermasalahkan, tapi siapa tahu saja ada anak bangsa yang tertarik untuk membuat aplikasi serupa dalam bahasa Indonesia. Ketersediaan eksklusif di sistem operasi iOS tentu saja turut menjadi kendala bagi fotografer pengguna Android. Selain itu masalah legalitas tanda tangan elektronik sepertinya masih harus diperjelas lagi saat ini, tahu sendiri kan Indonesia bagaimana, hehehe.
(Sumber : Fstopper, Snapwire)

Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *