Belajar Komposisi Golden Ratio/Fibonacci

Komposisi golden ratio atau sering juga disebut fibonacci/golden spiral, adalah salah satu teknik dalam fotografi  yang dasarnya diambil dari keselarasan di alam.

Teknisnya adalah bagaimana kita meletakan subjek utama foto atau point of interest foto, pada titik antara dua garis diagonal yang saling berpotongan seperti foto di bawah. Dalam mengaplikasikan teknik ini, tergantung kreatifitas kita dalam berkreasi. Foto golden ratio banyak sekali yang secara natural kita jumpai di alam.

Pada umumnya komposisi golden ratio dipercaya sebagai komposisi yang mencerminkan keseimbangan dalam alam.

Belajar Komposisi Golden Ratio/Fibonnaci
Contoh crop golden spiral di Lightroom. Model : Neno

Untuk menerapkannya dalam pemotretan secara langsung mungkin akan sedikit membingungkan, namun ketika anda mengcrop foto di software seperti Lightroom, biasanya sudah tersedia pilihan untuk crop dengan teknik ini. Tergantung anda yang mengkreasikannya saja.

Tapi alangkah baiknya ketika anda memotret anda sudah bisa membayangkan garis imajiner golden ratio di pikiran anda, dan jika bisa mengkomposisikannya dengan subjek foto atau jika itu model, anda bisa membantu mengarahkan gayanya. Mari belajar melatih mata kita, untuk menemukan subjek dengan komposisi golden ratio.

Baca juga : Cara Mudah Membuat Foto Levitasi

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *