Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi

Dalam dunia seni, perspektif satu titik lenyap merupakan cara menggambarkan objek, dimana bidang gambar terhubung dengan satu titik yang dinamakan dengan titik hilang atau titik lenyap. Semua garis perspektif pada gambar akan tertuju ke arah satu titik tersebut.

Karena fotografi juga merupakan bagian dari seni, maka komposisi satu titik lenyap tersebut, juga bisa diterapkan dalam bidang foto atau objek keseluruhan yang kita ambil dalam foto.

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi

Dengan adanya titik hilang dalam foto yang kita ambil, maka ketika orang melihat foto tersebut biasanya secara otomatis matanya akan mengikuti garis yang ada dan menuju ke titik ujung garis.

Secara umum titik lenyap ini seringkali bisa kita temukan saat memotret objek foto berupa jembatan, jalan, lorong, atau terowongan. Namun tentu tak terbatas seperti itu saja, belajarlah melatih mata anda untuk melihat perspektif titik lenyap di sekeliling anda.

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi
Perspektif satu titik lenyap dalam ruangan. Sumber : Instructables.com

Terkadang ketika kita memotret, memang seringkali tidak memikirkan bagaimana komposisi dalam bidang yang kita potret, namun dengan belajar mengenai komposisi foto, kita jadi lebih mudah untuk menentukan angle atau sudut pemotretan yang baik.

Salah satu pembelajaran adalah dengan memanfaatkan perspektif satu titik lenyap tadi, ketika anda menemukan objek foto yang memungkinkan mendapat perspektif seperti itu, pikirkanlah dari sudut mana atau angle yang mana, sehingga bisa menampilkan perpektif satu titik lenyap secara nyata dan tampak indah atau dramatis.

Dengan terlatih mencari sudut yang tepat, saat mempelajari komposisi yang lain tentu akan jadi lebih mudah.

Belajar Perspektif Satu Titik Lenyap Dalam Fotografi
Lokasi yang sama dengan sudut pemotretan yang berbeda.

Demikian uraian sederhana tentang belajar perspektif satu titik lenyap dalam fotografi.
Thanks for reading.
Jangan lupa juga baca artikel :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *