Butuh 9 Tahun Untuk Foto Terjelas Planet Pluto Ini

New Horizons adalah pesawat luar angkasa milik NASA yang dikirim khusus untuk mengamati planet Pluto. Mengenai status sebagai planet lebih tepatnya disebut sebagai planet katai sesuai dengan keputusan para ahli astronomi dunia. Pesawat New Horisons akhirnya mencapai Pluto kemarin hari. Merayakan keberhasilan misi pesawat ini, NASA merilis foto dari planet ini yang ditangkap oleh perangkat kamera milik New Horisons, hingga saat ini foto tersebut merupakan foto terjelas yang menunjukkan keberadaan serta wujud dari Pluto yang sebenarnya dan selama ini selalu menjadi perdebatan.

 

 

Foto tersebut diambil sekitar 16 jam sebelum pendekatan terdekat New Horizons dengan Pluto, ketika itu New Horizons berjarak sekitar 476.000 mil dari Pluto. Kamera yang tersemat di wahana ruang angkasa ini ada dua, yang pertama adalah Long Range Reconnaissance Imager (LORRI) untuk mengambil foto tele resolusi tinggi dengan ukuran 1024 x 1024  menggunakan sensor CCD serta kamera dengan resolusi lebih rendah tapi mampu menangkap warna Ralph, warna yang didapatkan oleh Ralph ini yang digunakan untuk menambahkan warna di foto resolusi tinggi yang ditangkap LORRI.

Pesawat luar angkasa New Horizons saat ini sementara dalam proses pengumpulan data lebih rinci mengenai Pluto, beberapa informasi dan data yang dikumpulkannya telah berhasil mematahkan pendapat-pendapat yang salah mengenai Pluto selama ini. Salah satu yang terbukti salah adalah mengenai ukuran diameter Pluto yang ternyata sepanjang 2.370 km lebih panjang 80 km dari yang selama ini diyakini.

Tampaknya dalam beberapa waktu kedepan akan semakin banyak informasi-informasi baru serta foto yang lebih jelas lagi mengenai Pluto yang akan dirilis resmi oleh NASA.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *