Canon Connect Station CS100, Media Simpan Foto Dan Video Untuk Fotografer Canon

Sebuah terobosan baru dari Canon, setelah diperkenalkan secara resmi di acara Consumer Electronic Show awal tahun ini, Canon Connect Station CS 100 kini masuk masa preordernya, sebuah perangkat elektronik tempat anda menyimpan foto dan video secara langsung dari kamera. Perangkat ini secara sekilas mungkin tampak seperti Apple TV Box, karena CS 100 juga bisa dihubungkan dengan TV melalui koneksi HDMI. Namun terhubung dengan TV hanyalah satu dari sekian kemampuan yang dijanjikan Canon untuk perangkat ini.
Canon Connect Station CS100, Media Simpan Foto Dan Video Untuk Fotografer Canon
Canon Connect Station CS100. Sumber : Techradar.com

Dalam spesifikasi resmi yang dirilis Canon ,berikut beberapa informasi yang bisa kita ketahui tentang perangkat ini :

 

  • Media penyimpanan massal yang bisa diakses secara wireless
  • Didesain khusus untuk kamera dan camcorder Canon
  • Built in hard drive dengan kapasitas hingga 1 Terabyte
  • Konektivitas menggunakan Wi-Fi dan Near Field Communication (NFC)
  • Tersedia slot kartu memori SD/CF serta USB port
  • Output HDMI untuk disambungkan ke HDTV
  • Aplikasi manajemen file dengan antarmuka yang sederhana
  • Dapat disambungkan atau kompatibel dengan wireless printer
  • Web browser serta support iMage Gateway
  • Tersedia remote control CS-RC1
Canon sepertinya merilis perangkat ini untuk memberikan kemudahan bagi fotografer ataupun videografer, guna menyimpan atau memback up file foto dan videonya. Hanya memanfaatkan wi-fi dari kamera Canon yang support wi-fi, pengguna bisa mengirim file fotonya ke perangkat Canon C100. Meskipun untuk seorang fotografer pro, ukuran media penyimpan 1 Tb tentu tidaklah mencukupi, namun sepertinya perangkat ini juga bertujuan lain selain media penyimpan dan back up file anda. Dengan kemampuan dihubungkan ke perangkat seperti TV dan printer, sepertinya Canon menyasar pengguna rumahan, yang dengan mudah bisa berbagi file fotonya bersama d ruang keluarga. Ataupun anda yang ingin dengan segera mencetak foto anda tanpa ribet, tentu perangkat ini bisa menjadi salah satu solusi.
Adapun format file yang didukung oleh Canon Connect Station CS100 ini antara lain file gambar seperti JPEG, dan RAW file Canon, untuk file video anda bisa memutar file dengan format seperti MP4,MOV dan AVCHD.
Saat ini perangkat CS100 baru tersedia untuk pre-order di USA, dengan harga sekitar $299 atau sekitar 4 juta rupiah, belum diketahui kapan perangkat ini akan dipasarkan di Indonesia.
Baca juga :

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *