Canon Merilis Kamera ISO Monster, Mampu Memotret Hingga ISO 4 Juta !

Canon baru saja mengejutkan dunia fotografi dan videografi dengan memperkenalkan kamera multifungsi Canon ME20F-SH, sebuah kamera yang mampu melihat di tengah kegelapan malam! Ya kamera ini bisa melakukan hal tersebut karena memiliki tingkat ISO yang ‘gila’, kamera ini mampu merekam gambar dengan tingkatan ISO lebih dari 4.000.000.

Canon ME20F-SH

Di dalam kamera Canon ME20F-SH ini tersimpan sensor CMOS berukuran 35mm atau full frame, sensor yang dimiliki kamera ini telah dikembangkan oleh Canon sejak tahun 2013 lalu dan diklaim mampu merekam video full HD dalam kondisi cahaya yang sangat kurang. Oke mari kita lihat seberapa gelapkah yang mampu ditangani oleh kamera ini? Dalam rilis di situs resmi Canon dituliskan bahwa kamera ini mampu merekam gambar hingga di tingkat pencahayaan 0,0005 lux, sekedar informasi lux sederhananya adalah satuan tingkatan intensitas cahaya. Untuk bisa sedikit memahami tingkatan cahaya ini, dalam kondisi malam hari yang cerah diterangi oleh sinar bulan purnama intensitas cahayanya adalah 0,27-1,0 lux. Untuk ukuran 0,0001 lux adalah kondisi malam hari yang gelap dimana tak ada bulan, ya itulah kondisi dimana kamera Canon ME20F-SH ini masih bisa merekam video full HD berwarna!

Canon ME20F-SH 2 Canon ME20F-SH 3

Dalam tingkatan kegelapan seperti itu biasanya digunakan bantuan sinar infra merah untuk memotret atau merekam, namun imbas dari penggunaan sinar infra merah itu adalah gambar yang dihasilkan hanyalah hitam putih. Kini Canon berhasil memperkenalkan perangkat baru mereka yang mampu merekam dan hasilnya tetap berwarna sekalipun tanpa bantuan infra merah.

Rahasia Canon ME20F-SH terletak pada ukuran piksel di sensor yang dimilikinya. Sensor CMOS full frame yang dimiliki kamera ini memiliki resolusi hanya sebesar 2,26 megapiksel, namun dengan resolusi megapiksel sekecil itu membuat ukuran piksel sensornya sendiri menjadi lebih besar, ukuran piksel gambar di sensor kamera ini adalah sebesar 19 μm, bandingkan dengan ukuran piksel sensor Canon 1Dx yang ‘hanya’ sebesar 6.94 μm atau piksel sensor Nikon D810 4.88 μm. Canon mengklaim ukuran piksel sensornya lebih besar hingga 5,5 kali lipat dari ukuran piksel sensor-sensor kamera DSLR canggih umumnya.

Canon ME20F-SH 4

Kamera Canon ME20SF-SH ini bisa dipasangkan dengan semua lensa Canon EF yang beredar di pasaran, selain itu kamera ini mendukung port 3G/HD-SDI serta HDMI untuk dipasangkan dengan monitor eksternal. Dalam hal suara Canon melengkapi kameranya dengan jack mini stereo 2,5 mm, jack microphone 3,5mm, jack 8-pin RS-422 untuk terminal remote serta power input XLR DC11-17V 4-pin.

Bagi anda yang senang merekam film dokumenter dalam kondisi remang cahaya ataupun memotret milky way di malam hari, sepertinya kamera ini akan menjadi favorit. Sayangnya dengan kemampuan seperti itu, harga yang harus anda tebus untuk membawa pulang kamera ini tidaklah murah. Kamera Canon ME20F-SH akan mulai dipasarkan bulan Desember 2015 mendatang dengan harga sebesar US$ 30,000 atau sekitar 400 juta rupiah, hmm berminat ?

(Sumber : Canon USA)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *