Dedikasi Fotografer, Selama 14 Tahun Memotret Pohon Tertua Di Seluruh Dunia

Dedikasi dari fotografer Beth Moon patut diacungi jempol, selama kurun waktu sekitar 14 tahun dia telah berkeliling dunia dalam misinya memotret pohon-pohon dengan usia yang mencapai ratusan hingga ribuan tahun. Sebuah misi yang memang cukup unik karena dia telah berkomitmen untuk mengabadikan keberadaaan pohon-pohon yang termasuk kategori tertua dan juga terbesar yang pernah ada di permukaan bumi !

Beth Moon Ancient Tree

Dalam mengabadikan foto-fotonya sendiri, Beth Moon merupakan fotografer yang setia dengan teknik klasik, fotografi kamar gelap. Disamping itu foto-foto yang dihasilkannya termasuk dramatis karena bernuansa black and white atau hitam putih. Dengan memilih setingan warna hitam putih, tentu kita tahu bersama bahwa sebuah foto akan menjadi lebih menonjol dalam bentuk dan tekstur atau pola foto tersebut, tanpa terdistraksi dengan warna-warna. Berikut adalah video yang menampilkan behind the scene dari proses percetakan foto-foto yang dibuatnya untuk proyek ini.

Beth Moon menamakan proyeknya ini sebagai ‘Portrait of Time’ dan telah memulainya sekitar hampir 15 tahun yang lalu, waktu itu dia memutuskan untuk berkeliling dunia dan memotret setiap pohon raksasa yang disebutnya sebagai ‘antena’ alam. Beth memiliki kriteria tersendiri untuk setiap foto yang akan dia potret, antara lain dalam hal ukuran pohon tersebut, umur,  maupun nilai historis dari pohon tersebut yang akan dia telusuri terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memotret pohon itu.

Beth Moon Wides Tree

Dilansir dari fstopper bukanlah hal yang mudah menurut Beth Moon untuk bisa menemukan apalagi langsung memotret pohon yang sesuai dengan kriterianya, tentu selain informasi yang terbatas untuk itu, daerah yang sulit untuk bisa dijangkau dan terkadang tempat-tempat tersebut belum pernah atau jarang dimasuki oleh turis ataupun fotografer. Proyek ini telah membawa Beth Moon hingga ke berbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Serikat, Asia, Timur Tengah, bahkan hingga ke Afrika pernah dikunjunginya.

Jika anda melihat hasil karyanya anda akan tahu bahwa tak hanya sekedar nilai estetika sebuah foto yang dia tonjolkan, namun juga sebuah pemahaman bahwa manusia seharusnya mulai melihat alam sekitar yang ada di sekelilingnya, karena kita kan selalu hidup berdampingan dengan alam serta pepohonan.

Hasil karya foto-foto Beth Moon bisa anda dapatkan dalam bentuk bukunya yang diluncurkan berjudul “Ancient Trees : Portraits in Time” yang sudah tersedia di toko buku online Amazon, Anda juga bisa mengunjungi website pribadi milik Beth Moon untuk melihat karya-karya menakjubkan lainnya.

All images © Beth Moon

(Sumber : Fstopper.com)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *