Foto-Foto Rahasia Presiden Dan Wakil Presiden USA Saat Insiden 11 September Dirilis Ke Publik

Akun Flickr resmi milik National Press akhirnya merilis foto-foto eksklusif yang menampilkan presiden George Walker Bush dan wakil presiden Dick Cheney, serta beberapa pejabat pemerintahan Amerika Serikat saat terjadi aksi teroris 11 September 2001 silam.

featured presiden bush dan wakil

Hal ini merupakan buntut dari permintaan Collete Neirouz Hannya produser dari Kirk Documentary Group, pembuat film Fronline produksi The Globe yang berdasar pada UU kebebasan memperoleh informasi, agar supaya National Press mau mempublikasikan foto-foto tersebut.

Tragedi 9 September sendiri merupakan salah satu sejarah paling kelam bagi Amerika Serikat ketika dua menara kembar WTC runtuh akibat serangan teroris yang membajak pesawat dan kemudian menabrakkannya ke gedung tersebut.

Presiden, wakil presiden serta pejabat-pejabat penting pemerintahan AS kala itu diungsikan ke bunker bawah tanah yang kabarnya bahkan tahan terhadap serangan nuklir.

Vice President Cheney with Senior Staff in the President's Emergency Operations Center (PEOC)

 President Bush with Vice President Cheney and Senior Staff in the President's Emergency Operations Center (PEOC)

Vice President Cheney with Senior Staff in the President's Emergency Operations Center (PEOC)

 

Dalam beberapa foto yang ditampilkan terlihat wajah-wajah tegang dari petinggi-petinggi negeri adikuasa itu. Situs berita Pressreader bahkan merilis berita ini dengan judul “The Day bin Laden Sent Bush Underground’.

Dalam bunker bawah tanah itu bisa dikenali beberapa wajah selain presiden dan wakil presiden US, antara lain adalah direktur CIA George Tenet, sekretaris negara Colin Powell, kedua isteri petinggi negeri itu Laura Bush dan Lynne Cheney serta beberapa pejabat senior lainnya.

Bunker bawah tanah yang disebutkan tadi merupakan Pusat Operasi Darurat Presiden Amerika Serikat ketika terjadi sesuatu hal yang gawat dan mengancam keamanan nasional, selain tahan terhadap serangan nuklir kabarnya bunker ini juga mampu menyediakan pertahanan dan perlindungan bagi keluarga presiden dan pejabat pemerintahan, seandainya memang pecah perang nuklir di dunia.

Tragedi WTC sendiri telah menewaskan korban sebanyak 2.996 orang, akibat serangan 9 September itu selain kedua gedung kembar yang runtuh, satu gedung di kawasan itu yang disebutkan sebagai 7 World Trade Center juga ikut terbakar setelah ditimpa menara utara WTC yang ambruk akibat kegagalan struktur.

Setelah terbakar selama beberapa jam, gedung 7 World Trade Center juga ikut runtuh pada pukul 5.21 sore waktu setempat. Masih ada beberapa gedung di kawasan tersebut juga yang mengalami kerusakan parah di hari naas itu, beberapa diantaranya pun terpaksa harus ikut diruntuhkan.

Amerika Serikat bereaksi keras terhadap semua aksi teroris semenjak adanya kejadian 11 September tersebut , Presiden Bush sendiri yang mendeklarasikan perang terhadap teroris pada 20 September 2001, 9 hari setelah serangan ke gedung kembar WTC dan Pentagon.

Wakil presiden Chenney pun ikut mendukungnya dengan menyetujui teknik interogasi keras yang dilakukan CIA kepada setiap tersangka teroris, salah satunya adalah dengan waterboarding, dimana tahanan diikat tangan dan wajahnya kemudian kepalanya ditutupi setelah itu disiram dengan air.

Anda bisa melihat keseluruhan foto-foto yang menampilkan Presiden Bush dan jajaran pejabatnya kala itu di akun Flickr resmi milik National Press.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *