Foto ISS Diabadikan Sementara Melintasi Bulan

Seorang fotografer asal Australia berhasil mengabadikan salah satu momen langka ketika Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS : International Space Station) melintasi bulan. Berbekal kesabaran, ketekunan serta sedikit keberuntungan Dylan O’Donnell mengabadikan foto ISS setelah menunggunya selama hampir setahun. Setelah diberitahu oleh CalSky, sebuah website astronomi perihal kemungkinan lintasan dari ISS,  Dylan pun mulai memperhitungkan rute serta semua cara untuk bisa mengabadikan momen ini. Sekedar informasi, karena ISS mengorbit Bumi dengan kecepatan tinggi, maka satelit tersebut akan terlihat melintasi bulan pun dalam waktu yang sangat cepat. ISS hanya akan terlihat di depan bulan dalam waktu kira-kira sepertiga detik. Dalam  waktu sesingkat itu, Dylan harus mengamati jam untuk memastikan waktunya serta dengan tangan standby di shutter release siap untuk memotret.

Adapun setingan yang digunakan Dylan adalah 1/1650s dengan ISO 800. Dylan menggunakan kamera Canon 70D yang dipasangkan ke teleskop Celestron 9.25 (kemampuan teleskop ini setara dengan lensa super tele 2300mm f/10) Dylan mengambil beberapa foto untuk kemudian disatukan menjadi foto komplitnya. Menurut Dylan, seperti dikutip dari Fstoppers dia menggunakan AutoStakkert2 untuk menggabungkan foto-foto. sekitar satu detik eksposure diambil Dylan untuk mendapatkan detail permukaan bulan kemudian mengeditnya di software.

Foto close up ISS saat melewati bulan

Close up ISS saat melewati bulan

 

Sebuah usaha serta dedikasi yang cukup fantastis dari fotografer ini. Dunia astronomi memang merupakan salah satu talentanya, anda bisa menemukan foto-foto astronomi di websitenya, bahkan dalam salah satu laman pemberitahuannya Dylan mengungkapkan bahwa foto-fotonya bisa digunakan dengan gratis. Wow ! Jarang-jarang ada fotografer yang menggratiskan karya yang didapatkannya dengan susah payah, anda bisa menemui Dylan di website resminya di bagian credit postingan ini.

(Sumber : Fstoppers.com, Dylan O’Donnell)

Baca juga : Tiga Bulan Planet Saturnus Tertangkap Kamera

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *