Foto Pesawat Terbang Ini Dipotret Dengan Teknik Strobist Menggunakan 30 Lampu Flash, Keren!

Foto pesawat terbang teknik strobist

Foto pesawat terbang tentu sudah sangat banyak bisa anda temukan di internet, tapi foto pesawat terbang dengan menggunakan teknik strobist ini mungkin sesuatu yang jarang untuk bisa anda dapati. Ya, foto di atas dihasilkan menggunakan teknik strobist, yaitu memotret dengan bantuan flash atau lampu eksternal guna memberikan efek cahaya dramatis terhadap sebuah foto.

Fotografer yang memiliki ide cukup ekstrim ini adalah Dan Vojtech, seorang fotografer yang bertugas untuk Redbull. Kali ini Dan akan memotret Martin Sonka, seorang pilot angkatan udara republik Ceko yang berpengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam hal terbang akrobatik. Namun tak sekedar memotret Martin yang sementara menerbangkan pesawat, Dan memiliki ide lebih dari itu ! Dia ingin agar supaya foto pesawat terbang yang dipotretnya tadi memiliki nuansa khas potret studio. Nah masalahnya studio seperti apa yang muat untuk dimasuki sebuah pesawat terbang dengan panjang sekitar 9 meter tersebut ?

Foto Pesawat Terbang Ini Dipotret Dengan Teknik Strobist Menggunakan 30 Lampu, Keren!

Tak ingin menyerah begitu saja, Dan pun menciptakan studio di lapangan terbangnya sendiri. Dibantu dengan timnya serta berbekal 30 buah lampu flash eksternal Fomei S600 DC, Dan pun mengatur semua kelengkapan yang diperlukannya untuk memotret foto pesawat terbang ini. Jangan lupa, pesawat yang dipiloti Martin tadi tidak akan dipotret dalam keadaan diam melainkan saat sementara terbang rendah di lapangan tadi. Asal tahu saja kecepatan pesawatnya mencapai 60 meter per detik ! Untuk bisa memotret benda yang bergerak dengan kecepatan seperti itu plus menggunakan lampu flash eksternal, benar-benar merupakan sebuah teknik strobist high speed sync tingkat tinggi.

Foto Pesawat Terbang Ini Dipotret Dengan Teknik Strobist Menggunakan 30 Lampu, Keren!

 

Foto Pesawat Terbang Ini Dipotret Dengan Teknik Strobist Menggunakan 30 Lampu, Keren!

Dan menggunakan sebuah platform lift untuk mengangkat 15 buah lampunya untuk menerangi pesawat dari atas, sementara 15 lampu sisanya diatur di tanah tepi jalur landasan terpisah dengan jarak 15 meter. Pemotretannya sendiri berlangsung saat matahari sudah mau terbenam, nuansa sunset serta gelapnya malam pun akan terlihat dalam foto.

Dan Vojtech memulai mimpinya sebagai seorang fotografer dari dia masih kanak-kanak, berawal dari menemukan kamera SLR film milik ayahnya, Dan pun jadi suka memotret sport. Lihat bagaimana ketekunannya membuahkan hasil yang manis, saat ini Dan Vojtech adalah fotografer resmi dari Red Bull dan merupakan ambassador pro Nikon!

Dalam memotret foto pesawat terbang tadi, Dan menggunakan gear antara lain kamera Nikon D810 dua buah yang dilengkapi dengan lensa Nikkor 24-70mm f/2.8 serta Nikkor 70-200mm f/2.8 VR II. Silakan lihat proses pemotretannya sendiri di video di bawah ini.

Anda bisa melihat karya-karya lainnya dari Dan dengan mengunjunginya di akun Facebook resminya ataupun di website pribadinya. So, apa impian anda saat ini ? Pastinya jangan menyerah terhadap impian yang anda miliki, serta tetap berusahalah untuk bisa menggapainya.

All images © Dan Vojtech

(Sumber : Tomorrow Creative, Fstoppers)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *