Foto Produk dan Makro Dengan Lensa Kit dan Built In Flash

Lensa Kit adalah lensa yang dijual sepaket dengan kamera, sekalipun lensa ini merupakan lensa yang murah namun tidak bisa dikatakan murahan, kita bisa mendapatkan foto produk atau makro sederhana dengan menggunakan lensa kit yang umumnya berjarak fokal 18-55 mm.

Foto berikut adalah hasil dengan menggunakan lensa kit dan juga built in flash atau flash bawaan kamera. Sekalipun umumnya flash bawaan kamera cahayanya cenderung keras, namun seperti di postingan sebelumnya, kita bisa memantulkan cahaya flash bawaan dengan menggunakan media berupa kartu atau kertas putih. 

Dalam membuat foto jam diatas, saya menggunakan alas berupa kertas HVS putih, dan juga latarnya baik belakang maupun kiri kanan menggunakan kertas yang sama. Cahaya dari flash bawaan kamera diseting di mode manual supaya kita bisa menyesuaikan cahaya yang dihasilkan, untuk memantulkan cahayanya saya menggunakan selembar karton putih, ukuran sekitar 8×12 cm. Sudut pantulannya bisa kita atur sendiri, yang pasti cahayanya tidak langsung mengenai objek, bukaan yang dipilih diatur supaya tajam merata, karena supaya lensa kit bisa tajam maksimal, kita harus mengatur bukaan yang kecil, atau diafragma yang sempit. Untuk ISO lebih baik kita menggunakan ISO yang rendah agar kualitas foto bisa terjaga dari noise.
Untuk bisa kreatif, tak perlu mahal bukan ? 🙂

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *