Instagram Diblokir Di Korea Utara

Jika saat ini anda mungkin memiliki perencanaan untuk berwisata ke Korea, khususnya Korea Utara, tampaknya anda harus menahan diri untuk bisa eksis di media sosial berbagi foto populer, Instagram. Bagaimana tidak, salah satu pemerintahan paling otoriter di dunia tersebut tampaknya telah memblokir akses ke Instagram !

 Seperti dilaporkan situs berita The Verge, blokir instagram mulai diketahui setelah salah satu jurnalis AP France, Eric Talmadge membuka instagram melalui salah satu provider penyedia layanan internet 3G di negara komunis itu, saat itulah dia menemukan pesan peringatan di layar yang berbunyi bahwa situs tersebut tidak dapat diakses karena terlarang serta mengandung potensi berbahaya. Eric mengupload screen shot peringatan tersebut ke akun instagramnya dan langsung menuai banyak komentar.

Adapun beberapa orang dilaporkan masih bisa membuka aplikasi instagram lewat handphonenya, namun mereka mengalami kesulitan ketika mencoba untuk mengupload foto atau melihat foto profil user lainnya. Hal yang sama juga dialami jika membuka lewat komputer desktop dengan jaringan LAN, pesan peringatan yang sama akan tampil di layar moniter pengguna.

Korea Utara sendiri merupakan salah satu negara paling terisolasi di dunia, sekalipun begitu negara ini sejak tahun 2013 sudah mengijinkan akses internet di jaringan 3G untuk wisatawan, melalui provider selular Koryolink. Meskipun bisa surfing atau browsing ke berbagai situs, namun anda jangan berharap akses yang didapat sama dengan di negara-negara lain, tetap saja ada segudang kebijakan dan peraturan yang harus dipatuhi, bahkan untuk orang asing atau wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut juga berlaku aturan serta batasan yang ketat. Khusus untuk masyarakat lokal mengakses internet apalagi media sosial tetaplah diharamkan, pemerintahan yang ada tampaknya terlalu takut hal tersebut bisa membawa ‘dampak’ signifikan kepada masyarakatnya.

Dibandingkan dengan Korea Utara, China tampaknya lebih moderat dalam hal akses internet kepada warganya, namun anda jangan berharap untuk beberapa website terkenal di dunia seperti Google, Facebook, Twitter dapat diakses di jaringan internet China, situs-situs yang disebutkan belakangan itu sudah terlebih dahulu diblacklist pemerintah China, sama sekali tidak bisa diakses ! Yang mencobanya lewat proksi atau dengan menggunakan trik tertentu, jika ketahuan, bersiaplah untuk berurusan dengan polisi.

Baca juga :

 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *