Kamera Mirrorless Nikon Dengan Sensor Besar, Akankah Jadi Nyata? [Opini]

Rumor bahwa pabrikan kamera Nikon akan meluncurkan kamera mirrorless dengan sensor besar (setara APSC atau Full Frame), mulai ramai dibahas pada beberapa waktu belakangan ini.

Seperti dilansir dari situs NikonRumors, uniknya kabar ini merebak sejak pihak Nikon diketahui mendaftarkan seri kamera baru ke Ditjen Postel Indonesia. Katanya (sekali lagi katanya lho..) kamera baru yang didaftarkan tersebut, kemungkinan besar adalah kamera mirrorless dengan ukuran sensor besar setara APSC atau Full Frame.

Nikon_J1_image,_10-30mm_lens 2

Nikon J1, kamera mirrorless Nikon saat ini

Hmm.. bagi penggemar setia Nikon atau kerap disebut Nikonian, tentu ini jadi sebuah kabar yang menyenangkan (atau malah sebaliknya?).

Di tengah gempuran kamera mirrorless yang semakin hebat dari merk-merk produsen kamera lainnya, sebut saja Sony, Fujifilm, Panasonic atau Olympus. Praktis Nikon tak punya peluru untuk bertarung di pasar yang sebenarnya semakin lama semakin besar ini, pasalnya Nikon belum memiliki jajaran kamera mirrorless ‘serius’ di pasaran.

Bahkan rival abadinya, Canon pun sudah merilis mirrorless dengan sensor APSC sejak beberapa tahun lalu (meski agak terlihat setengah hati sih..).

Nikon hingga saat ini masih belum sepenuhnya serius ‘nyemplung’ di ranah mirrorless, meskipun mereka sebenarnya sudah memiliki jajaran kamera tanpa cermin, adalah Nikon J series yang menjadi andalan Nikon dalam hal produk mirrorless. Namun, ukuran sensor yang tak cukup besar memang masih jadi penghalang bagi kamera ini untuk sekedar ‘menggigit’ di pasaran.

Nikon-fullframe-mirrorless-lens-patent-image

Paten kamera mirrorless Nikon

Keengganan Nikon untuk memasuki ranah kamera mirrorless memang masih mudah dipahami, selain sudah mapan sebagai salah satu penguasa di pasar kamera DSLR, Nikon juga tampaknya tak mau mengganggu penjualan kamera DSLRnya, khususnya kelas entry dan mid, yah meski diragukan sih jika harga mirroless ‘serius’ Nikon bisa ditekan seharga D3300.

Tapi jika seandainya hal itu bisa diwujudkan, rasanya akan banyak penggemar Nikon yang bersukaria, apalagi jika Nikon mau mewujudkannya dengan F-Mount, yang artinya kamera tersebut akan kompatible dengan jajaran lensa Nikon yang legendaris.. Waaaah!

Saya pribadi, mengharapkan kehadiran kamera mirrorless Nikon dengan sensor APSC-nya, yah jika ada versi Full Frame juga tak mengapa. Memotret street photo tanpa harus menarik perhatian, tentu dengan bodi kamera yang mungil rasanya kok menyenangkan ya.

Meski begitu, jika sekalipun rumor tadi benar adanya. Masih banyak PR bagi Nikon untuk dikerjakan, hal-hal semacam kecepatan fokus (yang jadi momok di beberapa mirrorlesss), Electronic View Finder, kapasitas baterai serta beragam spesifikasi teknis lainnya seharusnya jadi perhatian tersendiri.

Harapan saya sendiri, yah kalau bisa setidaknya menyamai  Sony A6000 sudah sangat lumayan kan.. Hehe.. Oh ya jangan lupa soal F-Mountnya deh Nikon :D.

****

Jadi bagaimana dengan kamu? Termasuk yang menantikan seri mirrorless ‘serius’ dari Nikon ini? Jangan ragu berbagi pendapatmu di kolom komentar.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *