Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter Kamera Dan Solusinya

Hal paling sederhana terkadang bisa menjadi hal yang paling sulit. Ya, bagi anda yang sudah memiliki kamera DSLR atau kamera saku, masalah menekan tombol shutter terasa begitu sepele. Tapi hal remeh ini bisa cukup sulit bagi orang yang baru saja mengenal kamera.

Seringkali saat saya meminta orang lain, entah itu teman atau orang asing untuk memotret menggunakan kamera DSLR, mereka akan kebingungan saat akan mulai menekan tombol shutter. Jadinya harus ada semacam kursus kilat hanya untuk menerangkan bagaimana menekan tombol shutter yang benar.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Atau Kamera Saku Dan Solusinya

Bahkan ada beberapa orang yang secara frontal menolak saat dimintai tolong untuk memotret, alasannya cukup unik, tidak tahu bagaimana memencet kameranya.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang, saat mereka menekan tombol shutter pada DSLR atau kamera saku miliknya. Hal serupa juga bisa kita jumpai saat menekan tombol memotret di smartphone.

1. Langsung menekan tombol shutter kamera sepenuhnya

Hal ini lumrah bagi yang baru pertama kali memegang kamera. Sering juga saya jumpai saat meminta tolong orang asing untuk memotret kami. Entah karena gugup atau bagaimana, setelah diterangkan cara menekan tombol shutter yang benar, orangnya malah langsung menekan sepenuhnya tombol shutter tersebut.

Tentu kita sudah tahu seperti apa foto yang akan dihasilkan, ya foto yang dijepret dengan menekan tombol shutter langsung, hasilnya akan blur atau salah fokus. Jika beruntung, fokusnya akan tepat, jika tidak yah silakan pasrah.

Baca juga : Bagaimana Menghindari Foto Salah Fokus

Menekan tombol shutter yang benar adalah dengan menekan separuhnya, tahan, tunggu sampai kamera mengunci fokus, kemudian setelah fokus terkunci (ditandai dengan bunyi bip atau kotak hijau di layar LCD) tekan sepenuhnya tombol shutter.

Beberapa kendala yang sering kita alami dengan cara seperti di atas adalah saat memotret dalam kondisi remang atau kurang cahaya, kamera akan kesulitan mengunci fokus sehingga bunyi bip yang ditunggu tak muncul-muncul.

Untuk mengatasinya, silakan cari tempat yang cukup terang sehingga tak sulit bagi kamera mengunci fokus atau silakan pilih titik fokus pada bagian tengah yang biasanya paling sensitif. Dengan begitu kamera akan mudah mengunci fokus.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Dan Solusinya

Pilih titik fokus yang di tengah

2. Setelah shutter ditekan separuh dan fokus terkunci, kamera digerakkan atau berpindah tempat

Hal ini mungkin bagi yang sudah cukup mengerti poin pertama tadi, tapi saat kamera sudah mengunci fokus, orang yang memegang kamera malah bergeser atau kameranya digerakkan. Entah karena dirasa miring atau bagaimana.

Dampaknya juga sama, foto yang dihasilkan akan blur atau tidak fokus. Ketika kamera sudah mengunci fokus, artinya dari jarak kamera ke objek sudah tepat fokusnya. Jika anda bergeser otomatis jarak tadi berubah, maka titik fokusnya pun ikut bergeser.

Baca juga : 6 Kekeliruan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape

Untuk mengatasinya tentu jangan mengubah posisi kamera anda jika sudah terkunci fokusnya atau jika memang harus bergeser atau berpindah, lakukan urutan poin satu dari awal. Lepaskan shutter, kemudian mulai lagi, tekan separuh, tahan sampai fokus terkunci lalu tekan shutter kamera sepenuhnya.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Atau Kamera Saku Dan Solusinya

3. Mengubah zoom lensa setelah fokus terkunci

Sesaat setelah tombol shutter kamera ditekan separuh dan  kamera mengunci fokus, ada beberapa orang malah memutar barel zoom lensa, mungkin karena dirasa ada orang yang tak masuk frame atau komposisi yang kurang berkenan.

Jika anda memutar barel zoom lensa setelah mengunci fokus, maka otomatis titik fokusnya juga akan berubah. Dalam hal ini berlaku seperti di poin nomor dua tadi.

Untuk mengatasinya, pastikan komposisi yang diinginkan sudah tepat sebelum memencet tombol shutter. Untuk mempermudah melihat apakah semua orang sudah masuk frame atau tidak, gunakanlah live view di LCD kamera.

Menggunakan live view akan sangat mempermudah, terutama jika anda meminta tolong pada orang yang belum terbiasa memotret menggunakan kamera apalagi melihat melalui viewfinder. Selain itu hasil foto akhirnya juga sudah mudah diprediksi.

4. Masih salah fokus atau blur? Gunakan timer !

Jika seandainya orang yang memotret masih saja salah sekalipun sudah diterangkan, cara terakhir adalah gunakan saja timer pada kamera. Cara ini bagi saya sih agak kurang sopan, karena seolah kita hanya memperlakukan orang yang dimintai tolong laksana tripod saja, hehe.

Tapi, kan namanya juga minta tolong. Untuk menggunakan cara ini, lebih baik jika yang dipotret lebih dari satu orang, agar mudah mengunci fokus. Anda harus memastikan semua pengaturan kamera tepat sebelum memotret, baik itu bukaan kamera, shutter speed, lampu flash dan sebagainya.

Setelah semua tepat, pilih timer pada kamera, atur berapa detik yang anda inginkan. Tekan shutter release separuh, sementara orang yang dimintai tolong sudah dalam posisi memegang kamera. Setelah terkunci fokus, minta yang memegang kamera untuk tidak mengubah posisinya atau menggerakkan kamera.

Silakan anda ambil posisi dalam grup tadi dan jepret… Jadilah foto tanpa blur dengan bantuan orang lain.

Demikian beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat akan menekan tombol shutter kamera DSLR atau kamera saku. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan kepada teman-teman anda. Jangan lupa untuk bergabung dengan kami via email di sini. Jika anda menyukai media sosial, jangan lupa juga bergabung dengan halaman Facebook atau follow di akun twitter kami.

Terima kasih sudah membaca.

Baca Juga...

42 Responses

  1. yeni says:

    mas mau tanya
    kalau tombol shutter di tekan tapi dia tdk mau fokus dan ambil gambar salahnya dimana yah?
    sy sering mengalami itu terutama saat kurang pencahayaan
    apa settingan sy salah? ato kameranya yg rusak yah?

  2. vira says:

    mau nanya ini kalau kamera nikon nya gamau foto gmna ya?ada tulisan error press shutter release button again itu knpa yaa?

    • Sheva says:

      Seri apa ya? Biasanya kalo seri lama kamera Nikon karena gear di bagian bawah kamera (tertutup dengan cover kamera ya) sudah agak macet, biasanya karena kotor dan harus dibersihkan. Kalo tak mau repot membuka dan membersihkan, bisa coba dibawa ke Service Center Nikon.

  3. Uci says:

    Kalau kamera saya fujifilm shutter kameranya tdk mau memotret bagaimana itu? Apakah rusak

  4. rangga says:

    Mas , mau nanya kalo sekedar test jepret photo , tapi tidak ada memory apa bisa?

  5. Silvia says:

    Mas mau nanya, kamera nikon d3400 kadanh bs ngambil foto kadang ga bisa itu kenapa ya? Shutternya pas dipencet ga ada pesan error apa2 tp ya ga bs keambil foto apa2

    • Sheva says:

      Agak aneh juga ya… Saya pernah mengalaminya ya gak bisa dijepret karena fokus belum terkunci, kalo belum bunyi bip biasanya kamera tidak bisa jepret. Seberapa sering kameranya kayak gitu? Terus dipasangkan dengan lensa apa?

  6. selvianita says:

    Mas,mau nanya..Kamera saya canon d1300,masalah ny knpa pas jepret kok gk bisa bisa mas,,,,
    Apa nya yang rusak t mas?

  7. VANI says:

    Kak canon 500d saya gak bisa klik set untuk manual,solusinya donk

  8. Farhan says:

    Mas mau Tanya nihh.. Kok kamera says kalau di pencet shutter nya setengah kok gak ada suara “bip” nya ya.. Suara auto fokus nya

  9. ima says:

    mau tanya dong, kalo gabisa mengambil foto pada mode auto tuh kenapa ya?

  10. Hasan says:

    Mas kalau tombol set kadang bisa kadang engga itu knpa yah, terus sama efek isian ilang sendiri,?

  11. Tama says:

    Mas mau tanyaa kamera saya canon x7i kok tombol shutter di pencet harus 2x ya

  12. Iis Wahyu Ningsih says:

    Kamera canon saya 1000D dia muncul bacaan this function is not selectable in the current shooting mode terus gk bs digunain,gk bisa buat motret jg itu knp yaa

  13. Dira says:

    Mas mau tanya, saya pake fuji x-a10 pas pencet shutternya tuh kok ada jeda dg saat storing gambarnya. biasa sebelumnya dia kalo udah jepret ya langsung simpen, ini jadi ada jedanya. itu kenapa ya?
    terimakasih

  14. Hera says:

    Mas mau tanya kog tombol disp burton ny gk bsa d.pncet Canon 1300d

  15. ClaudiNovita says:

    Kamera canon saya 1200D , zoom out sama zoom in nya gabisa diputer kenapa ya?

  16. Rista says:

    Kak, saya mau nanya..
    Ketika tombol shutter ditekan setengah, light meter di kamera saya kok masih jalan ya kalo diarahkan ke daerah gelap atau terang. Padahal sudah di mode M.
    Atau emang gitu yaa ?. Bantu mahamin dong

  17. Mas kamera saya canon 1200D .masalah nya hasil foto jika di kamera foto nya ada pas saya pindahkan keleptop fotonya tidak ada .

  18. Eci says:

    Kak saya mau nanya kamera saya nicon j3 kok pas di tekan tombol on ada tulisan kesalahan lensa dan matikan dan hidupkan kembali camera… Itu kenapa ya padahal saya jarang pake kamera ya dan gak jatuh

  19. annisa says:

    Kak mau tanya kan camera canon aku yang 1100D bisanyakan kalau sebelum foto bisa di liat dulu gambarnya dari layarnya tapi sekarang tidak bisa, itu solusinya bagaimana ya kak

  20. aji says:

    Mas kenapa ya kalau neken shutter pada kamera nikon saya D3200 bunyi per nya kerasa bgt jadi pas lagi bikin video ada bunyi per nya kalau mau nge fokus suatu hal gimana yah solusinya

  21. Yoga says:

    Kak camera saya canon eos m10.. Kok gabisa ambil gambar ya di layar ada simbol gambar camera warna merah saat di pencet shutter nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *