Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter Kamera Dan Solusinya

Hal paling sederhana terkadang bisa menjadi hal yang paling sulit. Ya, bagi anda yang sudah memiliki kamera DSLR atau kamera saku, masalah menekan tombol shutter terasa begitu sepele. Tapi hal remeh ini bisa cukup sulit bagi orang yang baru saja mengenal kamera.

Seringkali saat saya meminta orang lain, entah itu teman atau orang asing untuk memotret menggunakan kamera DSLR, mereka akan kebingungan saat akan mulai menekan tombol shutter. Jadinya harus ada semacam kursus kilat hanya untuk menerangkan bagaimana menekan tombol shutter yang benar.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Atau Kamera Saku Dan Solusinya

Bahkan ada beberapa orang yang secara frontal menolak saat dimintai tolong untuk memotret, alasannya cukup unik, tidak tahu bagaimana memencet kameranya.

Berikut adalah beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh orang, saat mereka menekan tombol shutter pada DSLR atau kamera saku miliknya. Hal serupa juga bisa kita jumpai saat menekan tombol memotret di smartphone.

1. Langsung menekan tombol shutter kamera sepenuhnya

Hal ini lumrah bagi yang baru pertama kali memegang kamera. Sering juga saya jumpai saat meminta tolong orang asing untuk memotret kami. Entah karena gugup atau bagaimana, setelah diterangkan cara menekan tombol shutter yang benar, orangnya malah langsung menekan sepenuhnya tombol shutter tersebut.

Tentu kita sudah tahu seperti apa foto yang akan dihasilkan, ya foto yang dijepret dengan menekan tombol shutter langsung, hasilnya akan blur atau salah fokus. Jika beruntung, fokusnya akan tepat, jika tidak yah silakan pasrah.

Baca juga : Bagaimana Menghindari Foto Salah Fokus

Menekan tombol shutter yang benar adalah dengan menekan separuhnya, tahan, tunggu sampai kamera mengunci fokus, kemudian setelah fokus terkunci (ditandai dengan bunyi bip atau kotak hijau di layar LCD) tekan sepenuhnya tombol shutter.

Beberapa kendala yang sering kita alami dengan cara seperti di atas adalah saat memotret dalam kondisi remang atau kurang cahaya, kamera akan kesulitan mengunci fokus sehingga bunyi bip yang ditunggu tak muncul-muncul.

Untuk mengatasinya, silakan cari tempat yang cukup terang sehingga tak sulit bagi kamera mengunci fokus atau silakan pilih titik fokus pada bagian tengah yang biasanya paling sensitif. Dengan begitu kamera akan mudah mengunci fokus.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Dan Solusinya

Pilih titik fokus yang di tengah

2. Setelah shutter ditekan separuh dan fokus terkunci, kamera digerakkan atau berpindah tempat

Hal ini mungkin bagi yang sudah cukup mengerti poin pertama tadi, tapi saat kamera sudah mengunci fokus, orang yang memegang kamera malah bergeser atau kameranya digerakkan. Entah karena dirasa miring atau bagaimana.

Dampaknya juga sama, foto yang dihasilkan akan blur atau tidak fokus. Ketika kamera sudah mengunci fokus, artinya dari jarak kamera ke objek sudah tepat fokusnya. Jika anda bergeser otomatis jarak tadi berubah, maka titik fokusnya pun ikut bergeser.

Baca juga : 6 Kekeliruan Yang Dipilih Fotografer Saat Memotret Landscape

Untuk mengatasinya tentu jangan mengubah posisi kamera anda jika sudah terkunci fokusnya atau jika memang harus bergeser atau berpindah, lakukan urutan poin satu dari awal. Lepaskan shutter, kemudian mulai lagi, tekan separuh, tahan sampai fokus terkunci lalu tekan shutter kamera sepenuhnya.

Kesalahan Umum Saat Menekan Tombol Shutter DSLR Atau Kamera Saku Dan Solusinya

3. Mengubah zoom lensa setelah fokus terkunci

Sesaat setelah tombol shutter kamera ditekan separuh dan  kamera mengunci fokus, ada beberapa orang malah memutar barel zoom lensa, mungkin karena dirasa ada orang yang tak masuk frame atau komposisi yang kurang berkenan.

Jika anda memutar barel zoom lensa setelah mengunci fokus, maka otomatis titik fokusnya juga akan berubah. Dalam hal ini berlaku seperti di poin nomor dua tadi.

Untuk mengatasinya, pastikan komposisi yang diinginkan sudah tepat sebelum memencet tombol shutter. Untuk mempermudah melihat apakah semua orang sudah masuk frame atau tidak, gunakanlah live view di LCD kamera.

Menggunakan live view akan sangat mempermudah, terutama jika anda meminta tolong pada orang yang belum terbiasa memotret menggunakan kamera apalagi melihat melalui viewfinder. Selain itu hasil foto akhirnya juga sudah mudah diprediksi.

4. Masih salah fokus atau blur? Gunakan timer !

Jika seandainya orang yang memotret masih saja salah sekalipun sudah diterangkan, cara terakhir adalah gunakan saja timer pada kamera. Cara ini bagi saya sih agak kurang sopan, karena seolah kita hanya memperlakukan orang yang dimintai tolong laksana tripod saja, hehe.

Tapi, kan namanya juga minta tolong. Untuk menggunakan cara ini, lebih baik jika yang dipotret lebih dari satu orang, agar mudah mengunci fokus. Anda harus memastikan semua pengaturan kamera tepat sebelum memotret, baik itu bukaan kamera, shutter speed, lampu flash dan sebagainya.

Setelah semua tepat, pilih timer pada kamera, atur berapa detik yang anda inginkan. Tekan shutter release separuh, sementara orang yang dimintai tolong sudah dalam posisi memegang kamera. Setelah terkunci fokus, minta yang memegang kamera untuk tidak mengubah posisinya atau menggerakkan kamera.

Silakan anda ambil posisi dalam grup tadi dan jepret… Jadilah foto tanpa blur dengan bantuan orang lain.

Demikian beberapa kesalahan umum yang sering terjadi saat akan menekan tombol shutter kamera DSLR atau kamera saku. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan kepada teman-teman anda. Jangan lupa untuk bergabung dengan kami via email di sini. Jika anda menyukai media sosial, jangan lupa juga bergabung dengan halaman Facebook atau follow di akun twitter kami.

Terima kasih sudah membaca.

Baca Juga...

107 Responses

  1. yeni says:

    mas mau tanya
    kalau tombol shutter di tekan tapi dia tdk mau fokus dan ambil gambar salahnya dimana yah?
    sy sering mengalami itu terutama saat kurang pencahayaan
    apa settingan sy salah? ato kameranya yg rusak yah?

  2. vira says:

    mau nanya ini kalau kamera nikon nya gamau foto gmna ya?ada tulisan error press shutter release button again itu knpa yaa?

    • Sheva says:

      Seri apa ya? Biasanya kalo seri lama kamera Nikon karena gear di bagian bawah kamera (tertutup dengan cover kamera ya) sudah agak macet, biasanya karena kotor dan harus dibersihkan. Kalo tak mau repot membuka dan membersihkan, bisa coba dibawa ke Service Center Nikon.

  3. Uci says:

    Kalau kamera saya fujifilm shutter kameranya tdk mau memotret bagaimana itu? Apakah rusak

    • Sheva says:

      Belum bisa dipastikan seperti itu. Bisa dicoba dibawa ke service center dulu

      • Raden says:

        Mas mau tanya ini kamera nikon seri lama, ga bsa ngambil gambar, atau d foro, tp kamera nya normal nyala lensa terang bisa, mslah nya cuman ga bsa ngmbil foto? Solusinya gmna itu

  4. rangga says:

    Mas , mau nanya kalo sekedar test jepret photo , tapi tidak ada memory apa bisa?

  5. Silvia says:

    Mas mau nanya, kamera nikon d3400 kadanh bs ngambil foto kadang ga bisa itu kenapa ya? Shutternya pas dipencet ga ada pesan error apa2 tp ya ga bs keambil foto apa2

    • Sheva says:

      Agak aneh juga ya… Saya pernah mengalaminya ya gak bisa dijepret karena fokus belum terkunci, kalo belum bunyi bip biasanya kamera tidak bisa jepret. Seberapa sering kameranya kayak gitu? Terus dipasangkan dengan lensa apa?

  6. selvianita says:

    Mas,mau nanya..Kamera saya canon d1300,masalah ny knpa pas jepret kok gk bisa bisa mas,,,,
    Apa nya yang rusak t mas?

  7. VANI says:

    Kak canon 500d saya gak bisa klik set untuk manual,solusinya donk

  8. Farhan says:

    Mas mau Tanya nihh.. Kok kamera says kalau di pencet shutter nya setengah kok gak ada suara “bip” nya ya.. Suara auto fokus nya

  9. ima says:

    mau tanya dong, kalo gabisa mengambil foto pada mode auto tuh kenapa ya?

  10. Hasan says:

    Mas kalau tombol set kadang bisa kadang engga itu knpa yah, terus sama efek isian ilang sendiri,?

  11. Tama says:

    Mas mau tanyaa kamera saya canon x7i kok tombol shutter di pencet harus 2x ya

  12. Iis Wahyu Ningsih says:

    Kamera canon saya 1000D dia muncul bacaan this function is not selectable in the current shooting mode terus gk bs digunain,gk bisa buat motret jg itu knp yaa

  13. Dira says:

    Mas mau tanya, saya pake fuji x-a10 pas pencet shutternya tuh kok ada jeda dg saat storing gambarnya. biasa sebelumnya dia kalo udah jepret ya langsung simpen, ini jadi ada jedanya. itu kenapa ya?
    terimakasih

  14. Hera says:

    Mas mau tanya kog tombol disp burton ny gk bsa d.pncet Canon 1300d

  15. ClaudiNovita says:

    Kamera canon saya 1200D , zoom out sama zoom in nya gabisa diputer kenapa ya?

  16. Rista says:

    Kak, saya mau nanya..
    Ketika tombol shutter ditekan setengah, light meter di kamera saya kok masih jalan ya kalo diarahkan ke daerah gelap atau terang. Padahal sudah di mode M.
    Atau emang gitu yaa ?. Bantu mahamin dong

  17. Mas kamera saya canon 1200D .masalah nya hasil foto jika di kamera foto nya ada pas saya pindahkan keleptop fotonya tidak ada .

  18. Eci says:

    Kak saya mau nanya kamera saya nicon j3 kok pas di tekan tombol on ada tulisan kesalahan lensa dan matikan dan hidupkan kembali camera… Itu kenapa ya padahal saya jarang pake kamera ya dan gak jatuh

  19. annisa says:

    Kak mau tanya kan camera canon aku yang 1100D bisanyakan kalau sebelum foto bisa di liat dulu gambarnya dari layarnya tapi sekarang tidak bisa, itu solusinya bagaimana ya kak

  20. aji says:

    Mas kenapa ya kalau neken shutter pada kamera nikon saya D3200 bunyi per nya kerasa bgt jadi pas lagi bikin video ada bunyi per nya kalau mau nge fokus suatu hal gimana yah solusinya

  21. Yoga says:

    Kak camera saya canon eos m10.. Kok gabisa ambil gambar ya di layar ada simbol gambar camera warna merah saat di pencet shutter nya

  22. Andri says:

    Gan saya mau tanya,,,kenapa dengan kamera saya pas mau liat foto nya tiba2 muncul kata2 R,G,B

  23. Bruno says:

    Gan mau naya, sy punya kamera fujifilm xa 2, ttapi saat ini tdk bisa lagi utk memotret, sy mau naya kira2 kendalanya dimana?
    Thanks

  24. Rafi x says:

    Tanya dong, barusan kamera saya diutak-atik sama temen saya. Saat saya pakai, keadaan sudah fokus, saya tekan sepenuhnya, tetapi tidak terjepret juga. Minta saran dong mas, canon 350D

  25. Ramadhan says:

    Gan mau tanya kamera saya nikon d3200 tidak bisa buat video dilive view cuma tampil gambar sama video sebelumnya terima kasih

  26. Sheva says:

    Yakin nekannya tombol buat live viewnya?

  27. Rara says:

    Mas mau tanya kamera saya canon eos kiss x50, shutternya kadang2 gabisa itu kenapa ya?

  28. Yattie says:

    Mau tanya . jika saat memotret tidak muncul gambarnya itu knpa ya kamera nya

  29. Very says:

    Gan kamera sya klo shot langsung di layar kok lambat ya tpi klo di viewfinder cepet ,pnyebabnya apa gan?

  30. Defy says:

    Saya memakai Canon 1300 d, kamera saya tidak bermasalah, hasil foto pun bagus. Namun saat saya masukkan memori k laptop fotonya ada dua. 1 foto jadi 2, foto yg 1 bagus sedangkan yg satu tidak dapat dibuka (seperti virus) dan memakan banyak KB. Foto asli hanya 4 KB, foto yg duplikat 21 KB, sehingga membuat saya tidak dapat foto banyak, saya sudah format memorinya tapi hasil foto tetap tidak ada perubahan. Itu kenapa ya?

  31. Oman says:

    Bang mau tanta ni kamera nikon.kasi aktif tekan tombol pemotret lensa keluar n mati..

  32. Oman says:

    Bang mau tanya ni bang kamera nikon l23 knpa saat tekan tombol pemotret lensa keluar da mati

  33. Wan says:

    Ass.mau ty sy py kamera nikon coolpix 8700.snua normal tap gk bs ambil gambar.knp ya.tks sblmnya

  34. Wandry says:

    Gan mau tny ne..camera saya nikon d5100..sy pake lensa tamron 70.300 mm.autofoucsx berfungsi dgn lancar,,tpi nyari focusx lama sekali bos..
    Trus klu udah dpt focusx,,hasilx buram gan..
    Mhon di bantu gan

  35. Rendi says:

    Mas saya mau tanya kenala kamera saya tidak bisa menekan tombol shuternya dan di layar keliatan blur ga fokus sama sekali?

  36. Rendi says:

    Mas kenapa kamera fujifilm xa3 sgytter kamernaya tidak mau memotret dan layarnya ngeblur ga bisa fokus?

  37. Anca says:

    Mas,knp sy selesai motret,hasil foto saya ada yg bisa terbuka,ada yg tdk.itu waktu saya masukan ke lap top

  38. Mail says:

    Kesalahan.
    tekan lagi tombol lepas rana.
    Nikon d3100 sy ketika mau pindahin bidikan dari viewfinder ke layar tulisanX sprti datas, knp ya?

    Satu lagi, flashnya gk mau nutup, (flashnya kebuka trus).
    Trima kasih
    ☺️☺️

  39. vivin setiawati says:

    Mas, saya mau tanya nih..
    Apa penyebab kamera tidak dapat melihat hasil jepretan di layar, mesti d lihat d laptop? Mohon petunjuk ny mas, terimakasih

  40. Zulfa says:

    Mas, mau tanya, ini nikon d3400 enggak ada tulisan error tp hasil bidik gelap, dan layar lcd nya gk bisa dipake semacam gelap juga tdk bisa digunakan melihat objek, itu kerusakan pada apa ya kira2?

  41. Gan minta solusinya kalo canon 70D kan mau pencet untuk ngefoto orang trs tiba² nyala lampu merah agak lama trs hasilnya jelek nah itu kenapa ya?

  42. Nesya says:

    Malam gan..mau nanya,aqkan baru pakai canon 1500d,waktu td nyoba pas beli,saat tekan tombol shutter dalam keadaan live view langsung bisa motret. Tp sampai rumah aq coba lagi untuk tekan tombol shutter,dia g bisa2 motret,hanya atur2 fokus aja,itu gimana ya?

  43. Nesya says:

    Mas mau nanya,ini kamera canon 1500d aq waktu coba pas beli pencet tombol shutter saat live view bisa, tp sampai rumah,aq coba2 lagi,hanya bisa utk pengaturan fokus aja..itu knp ya?

  44. rizal says:

    gan mau nanya, kamera saya canon 750d, nilai shutterspeed nya gan muncul di layar itu kebapa yah?
    makasih gan

  45. Ulfiyantaka says:

    Mau tanya kenapa kamera saya kalau pake mode manual terkadang gak bisa di pake moto.sering kali layar langsung gelap seperti mati dan harus menunggu lama untuk melihat hasil foto

  46. Yuni says:

    Mas mau tanya
    kalau tombol shutter di tekan tapi dia nggak mau fokus dan ambil gambar salahnya dimana yah?
    apa settingan saya yang salah?
    Mohon bantuan jawabannya

  47. Yuni says:

    Mas mau tanya
    kalau tombol shutter di tekan tapi dia tdk mau fokus dan ambil gambar salahnya dimana yah?
    apa settingan sy salah?

  48. Sofa says:

    Mau tanya kenapa mau ambil gambar ga bisa. Untuk fokusnya saja ga bisa. Sebekumnya bisa. Ga tau ini kenapa. Dan bagaimana mengembalikannya agar bisa ambil gambar. Karna tdk bsa ambil gambar sama sekali.

  49. REFIANDRA RAHMAN says:

    Gan maaf kali boleh nanya. Kemerahan saya Canon kissx2 Japan. Tombol shuuter gak mau motret,tapi kalo fokus dia rada rada bisa gan. Kira kira itu apa yang bermasalah gan?

  50. Erza says:

    Gan kok kamera ku 4000d sering memfokus sendiri dan memfotret sendiri tapi hasil tidak tersimpan. Itu apa salah nya ya?

    • Sheva says:

      Wah baru denger masalah kayak gini sih. Bisa tau kameranya memotret sendiri gimana dan dalam kondisi seperti apa? Baru dihidupkan mungkin atau dibiarkan lama2.

  51. Rahma says:

    Mau nanya nih kamera saya Canon 550d lensa nya berkedip dan tdk bisa memotret knpa yh dan solusi nya bagaimn?

  52. Iksanl says:

    Tanya nih gan, kamera ane D3200,setiap ambil foto shutternya pasti lama

  53. Imam says:

    Gan kenapa kamera saya kalo buat foto jepretannya jeda beberapa detik terus lampu notifikasi nya nyala terus itu kenapa ya? Terus solusi nya gimana?

    • Sheva says:

      Lampunya nyala biasanya karena kamera lagi processing foto, hal ini berhubungan erat dengan kartu memori yang kamu pakai. Coba gunakan kartu memori yg lebih cepat Class 10 atau di atasnya.

  54. Pebri Siswanto says:

    Punya saya Camera Nikon d3100 kenapa pada saat memotret kok seperti tersendat dan tidak langsung memotret seperti biasanya.

  55. gabriela fernandez says:

    ka mau konsul, kamera saya nikon d3400 sudah beberapa minggu ini, klo motret objek di bawah cahaya yg terang bangetpun hasilnya kadang ko jadi gelap???? kira2 kesalahanya di mana? mohon bantuannya

  56. Windika says:

    Mas mau nanya,
    kamera saya xa2 kalau mau motret, dan shuter nya di pencet kok gak ada suara bip / mengunci fokus nya yg ada kotak ijo kecil itu ya?

  57. Chandra says:

    Kak mau saya pake kamera nikon d3100
    Kenapa lampu flashnya gak mau nutup lagi ya, minta tolong infonya. Makasih

    • Sheva says:

      Maksudnya gak mau nutup lagi gimana ya? Apa flashnya tidak bisa ditutup saat ditekan atau gimana? Coba cek mungkin ada yang mengganjal di bagian mekanik flashnya.

  58. Yashi says:

    Kak mau nanya . Ini kamera saya fujifilm x-a10 . Hasil fotonya di bagian bawah ada garis hitamnya . Tp kalo buat video atau tdk huat foto itu ga ada garisnya . Cuma hasil foto saja . Saya bawa ke tmp saya beli . Diberi tau kalo shutternya yg kena . Dan itu kena biaya yg ckup banyak . Sampe 1.8 jt . Itu apa bener ya kak ? Trus knapa bisa shutternya yg kena ? Soalnya kamera saya sering dipinjam

    • Sheva says:

      Bener tidaknya ya tidak bisa saya pastikan ya karena yang meriksa kan bukan saya hehe. Tapi kalo garis hitam di foto dan bukan di video, ada kemungkinan sih yang bermasalah mekanik shutternya. Kamu bisa baca cara kerja mekanik shutter di link ini https://www.premiumbeat.com/blog/how-camera-shutters-work/ Garis hitam bisa saja karena kerja shutter membuka dan menutup tidak sempurna saat memotret foto. Namanya kamera ya semua bagiannya tentu ada kemungkinan rusak, semua kembali ke cara pakai dan cara perawatan tentunya. Jika sering dipinjam sih, tentu resikonya juga semakin meningkat kan?

  59. jalu laksana says:

    Mas kamera nikon saya kok pada saat mengambil gambar gak bsa difokusin garisnya merah trus gak bisa hijau kenapa yah…?

  60. Rina says:

    Mohon info untuk kamera EOS M 100, saya ada masalah tidak bisa shoot . Kenapa ya? Saat ditekan shooternya berbunyi

  61. Zriel says:

    Bang maaf mau numpang tanya. Kalo kamera Fujifilm tidak fokus & berbayang itu kenapa ya? Mohon di jawab bang. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *