Kontrak Foto Taylor Swift Diubah ! Kini Lebih Ramah Terhadap Fotografer

Setelah melalui perseteruan yang cukup panjang antara manajemen Taylor Swift dengan fotografer mengenai kontrak foto yang diprotes karena terasa tak adil bagi fotografer, semua usaha fotografer dan beberapa media tampaknya membawa hasil positif, kini sebuah salinan kontrak baru yang telah direvisi baru saja dirilis bagi setiap fotografer yang ingin mendapatkan kesempatan memotret aksi penyanyi wanita terkenal ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, perseteruan ini cukup panjang dan melibatkan banyak fotografer hingga surat kabar ternama, diawali dari protes Jason Sheldon yang melayangkan surat terbuka atas kontrak yang pernah dialaminya. Dari surat terbuka itu seperti efek bola salju, aksi protes kemudian bermunculan juga hingga dirilisnya surat kontrak Taylor Swift dengan fotografer untuk tur 1989 terbarunya dimana fotografer diancam bahwa peralatan miliknya akan dihancurkan jika melanggar klausa dalam kontrak tersebut ! Aksi ini bahkan melibatkan beberapa surat kabar ternama yang menolak menandatangani kontrak foto yang berat sebelah dengan artis-artis ternama dunia.

Mendapat aksi protes yang cukup massive ini tampaknya membuat pihak manajemen Taylor Swift akhirnya berubah pikiran. Mereka kemudian merevisi surat kontrak yang diajukan kepada fotografer. proses ini dipimpin oleh Mickey Osterreicher, General Counsil dari National Press Photographer’s Association yang turut membantu menyusun surat kontrak baru untuk fotografer bagi pihak manajemen Taylor. Kontrak ini dirancang selain bisa lebih ramah terhadap fotografer namun tetap bisa diterima oleh pihak manajemen Taylor Swift.

Berikut adalah isi surat kontrak yang baru tersebut :

surat kontrak baru

Dalam kontrak tersebut disebutkan bahwa fotografer akan diminta untuk menghapus file foto yang telah diambil jika melanggar ketentuan dalam kontrak. Hal itu tentu lebih baik dibanding ‘semua perangkat milik fotografer akan dihancurkan jika melanggar setiap ketentuan yang telah disepakati’.

Selain itu fotografer juga diizinkan untuk mempublikasikan hasil karyanya tersebut lebih dari sekali, asalkan hanya untuk keperluan pemberitaan/editorial dan bukan untuk tujuan komersil.  Seperti dilansir dari Petapixel, Mickey Osterreicher mengungkapkan bahwa Taylor Swift patut untuk mendapatkan pujian karena mau mendengarkan setiap keluhan dan protes dari fotografer maupun dari pemberitaan yang ada. Bukan hanya itu dia juga mau menunjukan kepeduliannya tidak hanya untuk hak dari setiap musisi namun juga dari setiap fotografer yang bekerjasama dengannya.

(Sumber : Petapixel.com)

Header image © Ronald Woan

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *