Bagaimana Membuat Foto Siluet Yang Bagus ?

Apa kamu suka dengan foto siluet? Ada banyak alasan yang menyebabkan orang menyukai foto siluet atau inginnya difoto siluet. Beberapa alasan diantaranya adalah

  • Menyukai nuansa siluet yang terasa gelap dan terang, artinya menyukai kontras yang timbul dalam foto tersebut
  • Suka dengan bentuk yang terlihat jelas pada foto siluet
  • Ingin menyembunyikan wajahnya sendiri, supaya yang terlihat seolah hanya bayangannya saja, entah karena terlalu cakep atau terlalu… ah sudahlah hehe

Bagaimana Membuat Foto Siluet Yang Bagus ?

Apapun alasan kamu menyukai foto siluet, coba kita lihat dulu apa pengertian siluet menurut wikipedia.org

silhouette is the image of a person, animal, object or scene represented as a solid shape of a single colour, usually black, its edges matching the outline of the subject. source : en.wikipedia.org

Jadi kita bisa lihat bagaimana siluet itu biasanya dibentuk dari ‘solid shape’ yang terdiri dari satu warna dan biasanya warna hitam. Bentuk yang ditonjolkan biasanya juga tampak tegas dan berbentuk dua dimensi.

Sekarang mari kita lihat bagaimana membuat foto siluet yang bagus.

Hal pertama kita harus memahami bahwa foto siluet atau efek siluet, timbul karena backlight atau cahaya dari belakang objek yang difoto. Semakin terang atau semakin besar intensitas cahaya dari arah belakang objek, maka efek siluetnya akan semakin nyata terlihat. Jadi yang utama harus kamu pahami adalah cahaya dari belakang. Nah jadi kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan foto siluet?

Tentukan dahulu kamu ingin menggunakan pencahayaan yang alami ataukah pencahayaan buatan. Pencahayaan alami tentu sumbernya dari cahaya matahari, posisi cahaya matahari ideal untuk membuat siluet adalah saat sunrise atau sunset, karena kedua posisi tersebut cahaya matahari datang hampir sejajar dengan kita.

Foto paling atas postingan diambil saat sunrise, dengan matahari menjadi latar belakang. Sedangkan untuk foto siluet saat sunset bisa kamu lihat di bawah ini.

membuat Foto Siluet Yang Bagus
Contoh foto siluet saat sunset. Model : Neno

Perhatikan arah cahaya dari kedua foto di atas, utamanya datang dari belakang objek, sehingga objek foto menjadi gelap total. Apabila kamu menggunakan cahaya buatan misalnya flash eksternal atau cahaya lampu, pastikan intensitas cahayanya cukup terang untuk membentuk siluet pada subjek.

Tempatkan cahaya lampu atau flash tersebut di belakang objek, untuk flash eksternal kamu bisa menggunakan teknik strobist, atau flash diletakkan terpisah dari body kamera (off shoe).

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah bukaan lensa atau diafragma, hal ini tentu berlaku jika kamu menggunakan kamera yang bukaan lensanya bisa diatur atau diubah, jika kamu menggunakan smartphone atau kamera saku, skip ke langkah berikut.

Bukaan lensa yang ideal untuk foto siluet adalah bukaan yang kecil atau nilai aperture dalam f/number besar, seperti f/8 – f/11. Selain agar supaya keseluruhan foto dari ujung ke ujung tampak tajam, juga karena kamu tak membutuhkan efek blur pada foto siluet.

Selain itu gunakan ISO yang rendah serta shutter speed yang cukup tinggi, jangan lupa untuk memperhatikan light meter kamera saaat akan memotret,

Hal ketiga adalah matikan lampu flash internal kameramu, jika saat memotret kamu menggunakan lampu flash internal atau lampu kilat di smartphonemu, itu akan membuat objek foto terpapar cahaya, sehingga misalnya kamu memotret model maka wajahnya yang rupawan akan terlihat jelas :D.

Gagal deh pembuatan foto siluetnya, oh ya pastikan juga tidak ada sumber cahaya yang terang atau setidaknya bisa menyamai cahaya dari belakang objek, dimana arah cahaya tersebut datang berlawanan dan menerangi objek foto kita.

Misalnya ada lampu yang lebih terang di samping kamu memotret, hal itu juga bisa membuat objek foto terlihat di foto, dan siluet fotonya tidak tercipta.

sunset-dengan-smartphone

Nuansa siluet saat sunset menggunakan smartphone. Kredit foto : Eodya

Sebenarnya dengan ketiga langkah di atas, kita sudah bisa mendapatkan foto siluet yang bagus, namun apabila kamu ingin lebih menyempurnakan foto siluet yang sudah didapatkan, silakan diolah lagi di software pengolah foto seperti Photoshop atau Lightroom, saat saya mengedit dua foto di atas, saya hanya meningkatkan saturasinya, mengurangi highlight serta menaikkan shadow agar lebih terlihat hitam pekat.

Jika kamu menggunakan smartphone, sepertinya ada aplikasi pengolah foto yang bisa meningkatkan pekatnya shadow pada foto atau setidaknya membuat efek siluet lebih nyata, silakan cari di toko aplikasi masing-masing.

Satu tambahan lagi. jika ingin membuat foto siluet dengan model atau kamu sendiri jadi modelnya, jangan monoton dalam menentukan gayanya, berekspresilah sekreatif mungkin untuk membuat foto siluet yang bagus.

****

Demikian penjelasan sederhana jika kamu ingin membuat foto siluet yang bagus. Perhatikan juga saat memotret apakah menggunakan format raw atau jpeg, pahami kedua format foto tadi dengan menyimak pembahasan apa itu foto format RAW dan JPEG.

Thanks for reading.

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *