Lensa Zoom Tokina 24-70mm F/2.8 FX Diperkenalkan !

(Saveseva.com 24 June 2015)

Tokina merilis secara resmi lensa terbarunya, Tokina ATX 24-70mm f/2.8 Pro FX (24/6/2015). Sebuah lensa dengan fokal length paling populer di bodi kamera full frame !

Bagi kebanyakan fotografer, terutama yang memotret dengan menggunakan bodi kamera full frame, lensa dengan focal length 24-70mm merupakan kuda pekerja mereka.

Tak heran karena focal length ini begitu populer, mencakup dari rentang lensa lebar di sisi 24mm, yang sangat mencukupi untuk memotret landscape, ataupun foto grup, hingga di sisi tele 70mm yang cukup untuk mengambil foto potret orang atau model.

Bahkan saking populernya rentang fokal ini, hingga dibuatlah versi crop sensornya atau yang lebih dikenal dengan lensa kit kebanyakan kamera APSC, tak lain dan tak bukan adalah lensa 18-55mm.

Lensa Zoom Tokina 24-70mm F/2.8 FX Diperkenalkan !

Melihat begitu banyaknya penggemar lensa dengan panjang fokal ini, pabrikan lensa third party asal Jepang, Tokina tampaknya tak mau ketinggalan mencicipi manisnya pasar di rentang fokal lensa ini.

Baru saja Tokina merilis secara resmi, lensa baru mereka 24-70mm f/2.8 FX untuk bodi kamera full frame. Lensa ini secara resmi akan tersedia di pasaran bulan Agustus nanti, dan ditawarkan dengan harga US$ 999 atau sekitar 13 juta rupiah dengan kurs saat ini.

Bandingkan dengan lensa Canon 24-70mm f/2.8 L II USM seharga hampir 25 juta rupiah, ataupun dengan lensa Nikon AFS 24-70mm f/2.8 G ED seharga 20 juta rupiah, hmm perbedaan harga yang cukup menjadi bahan pertimbangan fotografer.

Di dalam bodi lensa ini terdapat tiga elemen kaca aspherical yang diklaim Tokina, mampu menjaga hasil foto tetap tajam dan cerah, hingga ke sudut frame diseluruh rentang fokal lensa.

Mengenai vinyet, akan menarik jika nantinya sudah ada sampel image dari fotografer yang mengetes, sehingga bisa dibandingkan dengan merk yang lain tentu.

Dari segi harga Tokina akan bersaing ketat dengan Tamron 24-70mm VC di rentang harga yang relatif mirip, Tamron telah menawarkan hal yang bahkan belum bisa ditawarkan Canon dan Nikon yaitu image stabilization.

Baca juga :

Mengenai fitur image stabilization ini, sudah banyak forum perdebatan yang menegaskan pentingnya fitur ini ada di lensa 24-70mm.

Tapi jika seandainya dari hasil sampel gambar, Tokina mampu menunjukan kualitas yang lebih baik, atau setidaknya lebih sesuai dengan rentang harga yang ditawarkan kompetitor, bukan tak mungkin lensa ini mampu mengalahkan lensa dengan fitur stabilisasi. Jadi bagaimana menurut pendapat anda? Pilih Tokina, Canon atau Nikon atau… Ah sudahlah.

 

Baca Juga...

2 Responses

  1. Tokina ini lebih ke Canon ya? atau bisa dipakai ke Nikon juga, wah ngiler lihatnya hahaha

  2. Sheva says:

    Kayaknya bakal tersedia buat keduanya mas… Haha iya sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *