Lihat Bagaimana Kamera Nikon Dibuat Tahun 1990 !

Nikon merupakan salah satu perusahaan pembuat kamera tertua di dunia, perusahaan ini didirikan pada tahun 1917 di Jepang. Dalam rentang hampir seratus tahun dari pendiriannya, Nikon telah menjadi salah satu pemimpin dalam dunia bisnis kamera serta optik lensa. Kamera-kamera Nikon sendiri cukup terkenal di pasaran serta menjadi saingan utama bagi produsen-produsen kamera lainnya.

Anda yang mungkin penasaran bagaimana kamera Nikon dibuat pada beberapa dekade lalu kini bisa melihat bagaimana proses pembuatan kamera Nikon pada era tahun 1990. Seperti dilansir dari Petapixel, sekitar 17 tahun lalu sebuah acara televisi di Jepang “The Making” menayangkan segmen yang berdurasi sekitar 15 menit yang menampilkan bagaimana Nikon memproduksi kamera SLR film F70 yang dikenal juga dengan N70 di Amerika.

Nikon F70

Nikon F70 merupakan salah satu kamera mid range canggih di zamannya. Kamera ini sudah memiliki motor fokus di dalam bodinya, bahkan memiliki kemampuan focus tracking yang otomatis aktif ketika objek foto bergerak. Nikon F70 diperkenalkan kepada konsumen sekitar tahun 1994.

Anda bisa melihat proses pembuatan Nikon F70 di video di bawah ini, sebagai catatan videonya sendiri tidak memiliki narasi dan tulisan yang ditampilkan hanya dalam bahasa Jepang. Jadi jika anda tak mengerti bahasa Jepang, anda masih bisa mencoba mengerti dari urutan-urutan kegiatan yang tampil dalam video tersebut. Nikon F70 sendiri memiliki lebih dari 1000 komponen yang berbeda di dalamnya, untuk merakit bodi kamera ini setiap pekerja harus menyolder secara manual di lebih dari 200 titik !

Berikut adalah urutan-urutan yang tampil dalam proses pembuatan kamera Nikon tadi.

rancang

Desain kamera dibuat menggunakan bantuan komputer, rancangan bentuk kamera di bagian ini

komponen kamera

Komponen kamera dalam keadaan terpisah

 

pengecatan logo

Logo Nikon dicat warna putih

penyolderan

Komponen internal kamera sementara disolder

pembuatan mount logam

Pembuatan mount kamera yang terbuat dari logam

komponen

Komponen-komponen kamera tadi disatukan

pengujian kamera

Kamera yang selesai dirakit kemudian diuji oleh pekerja

kamera Nikon F70

Kamera Nikon F70 siap untuk dipasarkan ke konsumen

Demikian rangkaian pembuatan kamera yang disajikan dalam video tadi. Bisa anda lihat bagaimana proses yang cukup rumit untuk menjadikan sebuah kamera SLR bisa hadir di tangan konsumennya. Tentu di tahun 90-an teknologi pabriknya tak secanggih saat ini, namun tetap bisa dihasilkan kamera dengan kemampuan yang mumpuni. Saya pribadi sih menyerah soal solderannya, menyolder kabel biasa saja sering tidak nempel apalagi komponen dengan ukuran seperti itu hehe. Bagaimana menurut anda ?

(Sumber : Petapixel)

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *