Memilih Media Terbaik Untuk Penyimpanan Foto Anda (Part 2)

Melanjutkan Part 1 yang membahas bagaimana memilih media terbaik untuk penyimpanan foto-foto anda, maka ini adalah bagian yang kedua dari pembahasan tersebut, jika bahasan yang pertama kita membahas media offline, maka kali ini kita akan membahas mengenai media online.

Media penyimpanan berbasis online adalah media yang hanya bisa diakses melalui jaringan internet. Konsekuensinya tentu kita sangat bergantung dengan kecepatan internet yang dimiliki oleh provider yang kita gunakan.

featured media penyimpanan foto part II

Jika kecepatan internet yang kita punya cukup tinggi maka beberapa gigabyte foto anda bisa diupload hanya dalam hitungan menit, tapi jika lelet seperti kebanyakan kecepatan internet Indonesia maka silakan menunggu hingga berjam-jam hanya untuk mengupload satu file saja.

Menggunakan media online sebagai basis penyimpanan foto anda ada beberapa kelebihan tersendiri antara lain keamanannya akan terjamin.

Biasanya penyedia layanan cloud storage ternama menerapkan sistem sekuriti canggih dan terenkripsi untuk keamanan akun anda, dengan begitu anda tak perlu khawatir ada orang yang akan melihat-lihat atau mencuri foto hasil karya anda.

Selain itu anda juga terbebas dari rasa takut file anda akan hilang karena media penyimpannya hilang atau dicuri atau rusak.

Kebanyakan penyedia layanan ini merupakan perusahaan yang sangat berpengalaman dan profesional dalam menangani sistem cloud storage serta memiliki data center dan server yang mumpuni.

Anda juga bebas untuk mengakses file foto milik anda dari mana saja, kapan saja asalkan ada perangkat dan  tentunya jaringan internet. .

Kekurangannya seperti yang sudah disebutkan di atas bagaimana akses terhadap file foto anda hanya bisa dilakukan jika ada akses internet, kecepatan akses pun tergantung dengan kecepatan internet.

Selain itu biasanya ada batasan-batasan yang ditetapkan untuk menggunakan layanan cloud storage ini. Jika anda memilih yang free atau tak berbayar maka kapasitas drive yang bisa anda gunakan terbatas, hal itu mungkin bisa diakali dengan menggunakan banyak akun tapi pengelolaan foto anda akan rumit nantinya.

Satu hal lagi yang harus dipahami, untuk artikel ini yang akan kita bahas lebih ke cloud storage atau penyimpanan berbasis awan yang populer di internet.

Jenis storage ini harus kita bedakan dengan layanan hosting foto yang banyak tersedia di internet seperti di media-media sosial facebook, instagram ataupun media berbagi foto flickr dan sejenisnya. Untuk cloud storage tidaklah bisa dilihat publik seperti layanan-layanan yang disebutkan tadi melainkan hanya oleh usernya saja.

Berikut adalah 6 layanan Cloud Storage gratis yang bisa anda pilih untuk menyimpan secara aman foto-foto anda :

1. Google Drive

google-drive

Layanan milik Google ini cukup dikenal di kalangan pengguna internet berikut adalah kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh Google Drive : Anda akan mendapatkan gratis 15 Gb ruang penyimpanan free tanpa bayar satu sen pun, selain itu keunggulannya tentu adalah nama besar Google sebagai salah satu raksasa internet sehingga anda tak perlu kuatir akan server yang down atau masalah jaringan lainnya.

Selain itu keunggulan lainnya adalah Google Drive terintegrasi langsung dengan akun e-mail Google anda, jadi jika anda pengguna Gmail tentu akan merasa senang dengan kemudahan yang ditawarkannya.

2. Dropbox

logo dropbox

Dropbox adalah salah satu layanan cloud storage yang paling pertama muncul, layanan ini menawarkan kepada anda layanan gratis dengan penyimpanan sebesar 2 Gigabyte.

Jika mau anda bisa meningkatkannya menjadi 1 Terabyte dengan biaya US$ 9.99 per bulan. Layanan yang ditawarkan Dropbox cukup lengkap dimana anda bisa dengan mudah mengakses data dan file yang tersimpan melalui perangkat apa saja. Untuk itu telah tersedia aplikasi dropbox di smartphone yang bisa anda download di toko aplikasi masing-masing.

3. Box

logo box

Kelebihan dari layanan cloud storage Box adalah anda akan mendapatkan free storage sebesar 10 GB, namun untuk batasan file size yang bisa diupload adalah sebesar 250 Mb.

Tentu untuk sekedar mengamankan file foto anda, batasan ukuran tadi sudah sangat memadai. Ukuran maksimum foto RAW saat ini hanyalah sekedar puluhan megabyte jika dipotret dari DSLR kelas atas sekalipun.

Jika anda ingin mendapatkan lebih silakan upgrade akun anda. Ada beberapa pilihan mulai dari akun personal berbayar yang memberikan kapasitas hingga 100Gb dengan maksimum file size adalah 5 Gb, anda harus membayar sebesar US$ 11,5 dolar untuk mendapatkan layanan tersebut.

Tersedia juga pilihan akun bisnis dengan rentang harga $6 sampai $17 per bulan. Kelebihan dari akun bisnis adalah anda bisa mengintegrasikan beberapa orang user sekaligus.

4. Copy

Copy

Layanan cloud dari Copy menawarkan anda 15 Gigabyte penyimpanan gratis bagi anda. Sama seperti layanan lainnya, anda akan memiliki akses mudah dari berbagai macam perangkat seperti smartphone.

Untuk layanan gratis hanya ditawarkan kepada satu orang user saja. Tak seperti box yang memberikan limit batas ukuran file yang bisa diupload, anda bisa menyimpan file di server Copy tanpa batas ukuran file.

Beberapa fitur yang cukup bermanfaat antara lain adalah 3o hari data back up serta 30 hari histori dari revisi file yang anda upload.

5. Onedrive

logo onedrive

Onedrive adalah layanan cloud storage milik Microsoft, kelebihan utamanya adalah layanan storage ini terkoneksi langsung dengan paket Microsoft Office secara online.

Jadi anda bisa mengedit dan membuat dokumen office melalui perangkat mana saja yang anda miliki dan secara otomatis file tersebut akan tersimpan/tersinkronisasi ke penyimpanan cloud akun anda.

Untuk file selain paket office, anda diberikan kapasitas penyimpanan hingga 15 Gb secara gratis dan bisa bertambah dengan cara mereferensikan teman anda untuk membuat akun Onedrive yang baru.

Setiap teman yang direferensikan akan menambah kapasitas akun milik anda  sebesar 500 Mb, uniknya bukan hanya anda yang ditambahkan kapasitas penyimpanannya melainkan teman anda juga.

onedrive plan

Pilihan penyimpanan di Onedrive

 

6. Opendrive

Logo Opendrive

Layanan cloud milik Opendrive menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 5 Gigabyte tanpa biaya dengan batasan ukuran file yang bisa diupload hingga 100 Mb.

Untuk kecepatan upload juga dibatasi hanya sampai 200Kb/s, namun menariknya anda bisa mengcustom pilihan untuk akun berbayarnya.

Tersedia pilihan-pilihan dari kapasitas berapa saja yang anda inginkan mulai dari 500 Gb hingga 100 Tb bisa anda pilih. Tentu dengan ini anda bisa memilih kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan anda saat ini.

****

Demikian enam layanan cloud storage yang bisa anda pilih untuk menyimpan file-file foto yang anda miliki. Selain enam layanan tadi masih ada begitu banyak layanan cloud storage yang tersedia dan ditawarkan buat pengguna internet, silakan saja anda search dengan kata kunci cloud storage.

Selain gratis, umumnya pilihan enam layanan tadi kapasitas penyimpanannya cukup lega bagi anda yang hanya sekedar backup file foto anda.  Walaupun memang untuk yang gratis bisa dibilang tidak terlalu besar jika anda seorang fotografer profesional yang memiliki file foto sangat banyak.

Untuk mengakalinya tentu anda bisa memilih untuk mengupgrade akun anda menjadi berbayar, kalau ingin gratis tentu anda bisa membuat beberapa akun untuk layanan storage freenya.

Namun untuk pilihan terakhir tadi akan mengakibatkan anda kesulitan mengatur file-file foto yang anda miliki. Tentu kembali ke masing-masing, sesuaikan juga dengan kebutuhan dan kemampuan yang anda miliki.

Baca Juga...

1 Response

  1. Wahh terima kasih banyak atas pembahasannya min. Selama ini saya baru pake 3 penyedia layanan penyimpanan. Google Drive, OneDrive, sama layanan yang dari Yandex.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *