Mendapatkan Hasil Jepretan Yang Tepat Di Waktu Yang Tepat

Bagaimana caranya mendapatkan hasil jepretan yang tepat?

Mungkin saja Anda akan menjawab itu akan sangat tergantung dengan kehandalan dari sang fotografer.

Seorang fotografer yang handal, tentu akan dengan mudah mendapatkan foto hasil jepretannya dalam setingan yang tepat dan di saat atau waktu yang benar-benar sesuai.

Foto jepretan yang handal

Coba lihat salah satu foto di bawah ini, foto berikut menunjukkan bagaimana momen yang tepat ditambah dengan kesiapan sang fotografer, bisa menghasilkan foto yang keren.

Hasil jepretan fotografer handal

Salah satu foto karya Greg du Toit, seorang fotografer satwa liar Afrika

Sayangnya, berbicara mengenai kehandalan memotret memang bukanlah sesuatu yang bisa dengan instan bisa kita dapatkan.

Sama seperti jenis keahlian lainnya, fotografi pun membutuhkan latihan berulang-ulang sampai sang fotografer benar-benar meningkatkan kemampuan memotretnya, kemudian dengan sendirinya hasil jepretannya pun akan semakin meningkat kualitasnya.

Bahkan di saat Anda cukup yakin dengan kemampuan memotret yang Anda miliki ataupun dengan kualitas hasil jepretan kamera Anda, mendapatkan foto dengan momen yang benar-benar tepat bukanlah hal yang mudah.

Beberapa foto yang juga cukup viral di internet yang sempat dimuat di sini pada beberapa waktu lalu, juga merupakan foto yang diambil pada waktu yang tepat (kalau tidak bisa dikatakan kebetulan), lihat saja foto rakun yang kedapatan sementara naik di atas punggung buaya.

Hasil jepretan fotografer handal

Jika foto rakun di atas bisa dikatakan sesuatu yang kebetulan dimana sang pengunjung menemukan momen tersebut, pas dia juga membawa kamera.

Sekarang mari kita lihat foto lainnya, masih ada juga foto kala burung gagak terbang dan kemudian hinggap di atas punggung burung elang.

Hasil jepretan fotografer handal

Pada foto yang kedua ini, sang fotografer yang memotretnya pada dasarnya memang telah mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari kamera pro hingga lensa super tele dalam menangkap momen tersebut.

Tak cuma itu, dia juga secara rutin memotret burung ataupun hewan liar, sampai pada akhirnya dengan ‘beruntung’ menemukan momen seperti di atas.

Dalam hal ini kita bisa belajar dari Henry Cartier Bresson, seorang fotografer yang dianggap sebagai pionir jurnalisme foto modern, dan merupakan orang yang senantiasa mengedepankan apa yang disebutnya sebagai desicive moment.

Jadi beliau bukanlah orang yang dengan serampangan saja akan memotret, tapi dia akan menanti momen yang tepat, sigap dengan kameranya untuk kemudian menjepretnya saat momen tersebut datang.

Hasil jepretan fotografer handal

Henri Cartier Bresson. Bapak jurnalisme foto modern. Sumber : Wikipedia.org

Oleh karena itu hasil-hasil karya Henri Cartier Bresson terkenal dengan foto yang mengandung banyak makna, karena dipotret pada waktu dan momen yang tepat.

Tentu bagi kita yang mempelajari fotografi, hal tersebut bisa menjadi sebuah panduan atau pedoman dalam memotret. Tidak hanya asal menjepret dan kemudian berharap hasil jepretan nantinya akan ‘wah’.

Melainkan kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari peralatan kamera dan lensa, kemampuan memotret yang handal, serta kesabaran untuk menanti momen atau waktu yang tepat.

Ingat bahwa persiapan adalah kunci utama jika Anda ingin mendapatkan foto hasil jepretan yang bagus. Jangan sampai saat momen yang bagus datang dan Anda tak bisa memotret karena tak bawa kamera atau kartu memori full.

Menanti juga adalah kunci mendapatkan momen yang tepat, tapi ingat juga, jangan ragu untuk memotret! Jangan sampai Anda terlalu berharap mendapatkan momen yang luar biasa dan malah melewatkan momen yang sebenarnya bagus yang terjadi di depan Anda.

Tetap semangat memotret ya!

Kredit foto :

Featured image © Greg du Toit 

Baca Juga...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *